
Fakultas Ilmu Komputer Universitas Klabat menggelar kegiatan Pengabdian kepada Masyarakat (PkM) dengan tema “Implementasi Pembelajaran Teaching Factory, Coding, dan Kecerdasan Artifisial bagi Siswa dan Guru SMK Negeri 1 Ratahan” pada 18 September 2025. Kegiatan yang dihadiri oleh 130 peserta bertujuan untuk meningkatkan literasi digital serta mendorong pemanfaatan Inovasi dan Teknologi dalam proses pembelajaran. Melalui pelatihan dan sesi interaktif, peserta diajak untuk memahami perkembangan teknologi terkini yang relevan dengan dunia pendidikan dan industri. Kegiatan ini menjadi salah satu kontribusi nyata Universitas Klabat dalam mendukung kemajuan pendidikan di Sulawesi Utara, Indonesia, khususnya dalam mempersiapkan generasi muda menghadapi tantangan era digital.
Kegiatan ini merupakan wujud nyata dari komitmen Universitas Klabat dalam melaksanakan tridarma perguruan tinggi, khususnya dalam bidang pengabdian kepada masyarakat. Dalam sambutannya, Ketua Pelaksana PkM, Ir. Marchel Thimoty Tombeng, S.Kom., MS., IPM, yang juga menjabat sebagai Kepala Program Studi Teknologi Informasi, menyampaikan bahwa kegiatan ini bertujuan untuk memperkenalkan dan mengembangkan kompetensi peserta dalam dunia teknologi yang terus berkembang pesat, seperti Artificial Intelligence, Blockchain, Coding, dan Desain Visual.
“Kegiatan ini dibagi dalam lima kelompok besar yang masing-masing diketuai oleh dosen dengan kepakaran di bidang Ilmu Komputer. Kami berharap apa yang dibagikan hari ini menjadi bekal yang berguna bagi siswa dan guru dalam menghadapi tantangan dunia digital dan industri 4.0,” ujar Tombeng.
Apresiasi dari Dekan Fakultas Ilmu Komputer
Kegiatan ini juga mendapat apresiasi tinggi dari Dekan Fakultas Ilmu Komputer Universitas Klabat, Stenly Richard Pungus, S.Kom., MT., MM., Ph.D., yang turut hadir dan terlibat langsung dalam pelaksanaan kegiatan.
Dalam wawancaranya, Dr. Stenly menyampaikan rasa bangganya terhadap semangat tim dosen dan antusiasme peserta, serta menegaskan pentingnya kolaborasi antara perguruan tinggi dan sekolah kejuruan dalam menjawab tantangan zaman.
“Saya sangat senang melihat kegiatan ini berlangsung dengan sukses dan penuh semangat. Ini bukti bahwa ketika dunia pendidikan tinggi dan pendidikan menengah bersinergi, maka hasilnya dapat membentuk generasi yang lebih siap menghadapi era digital dan teknologi masa depan,” ungkapnya.
Lima Tim Ahli, Lima Topik Teknologi Terkini
Dalam pelaksanaannya, PkM ini melibatkan lima tim dosen dari Fakultas Ilmu Komputer Universitas Klabat dengan topik bahasan yang beragam namun saling melengkapi.
- Tim Visual Communication Design
Diketuai oleh Oktoverano Lengkong, S.Kom., M.Ds., MM., bersama, Green F. Mandias, S.Kom., M.Cs., MM., Green A. Sandag, S.Kom., MS., Julio Kolopitawondal S.Kom., M.I., dan Ir. Marchel T. Tombeng, S.Kom., MS., IPM. Tim ini membahas pentingnya desain komunikasi visual dalam dunia digital, termasuk pemanfaatan untuk media pembelajaran yang interaktif. - Tim Smart Contract & Blockchain
Dipimpin oleh Prof. Andrew T. Liem, S.Si., MT., Ph.D., dengan anggota Stenly R. Pungus, S.Kom., MT., MM., Ph.D., Ir. Edson Y. Putra, S.Kom, M.Kom., Reymon Rotikan, S.Kom., MS., MM., dan Stenly I. Adam, S.Kom., M.Cs.. Mereka memperkenalkan konsep blockchain dan smart contract, serta potensinya dalam sistem pendidikan dan tata kelola data. - Tim Teknologi AI: ML, DL, NLP, LLM, dan Computer Vision
Dikoordinatori oleh Semmy W. Taju, S.Kom., MS., Ph.D., dengan anggota Stenly R. Pungus, S.Kom., MT., MM., Ph.D., Reynalodus A. Sahulata, S.Kom., MM., Rolly J. Lontaan, S.SI., M.Kom., dan Jimmy H. Moedjahedy, S.Kom., MM., M.Kom. Tim ini menjelaskan dasar-dasar Artificial Intelligence dan aplikasinya dalam kehidupan sehari-hari. Pembahasan mencakup machine learning, deep learning, natural language processing, hingga penggunaan large language model (LLM). - Tim Game Development Interaktif
Dipimpin oleh Wilsen G. Mokodaser, S.Kom., M.Kom., bersama Joe Y. Mambu, BSIT., MCIS., Regi Najoan, S.Kom., M.Kom., dan George M. William Tangka, S.Kom., MBA.. Tim ini mengajarkan bagaimana membuat game sederhana berbasis web sebagai media pembelajaran kreatif yang melibatkan teknologi AI. - Tim AI Ethics
Dikepalai oleh Debby E. Sondakh, S.Kom., MT., Ph.D., dengan anggota Jacquline Waworundeng, S.T., M.T., Raissa C. Maringka, S.Kom., M.Kom., Lidya C. Laoh, S.Kom., M.MSI., dan Argha O. Silitonga, S.Kom., MS. Tim ini menyoroti isu-isu etika dalam penggunaan AI, termasuk pentingnya tanggung jawab dalam pengembangan dan pemanfaatannya.
Di tengah pelaksanaan pelatihan, dilakukan pula penandatanganan Implementation Agreement (IA) antara Program Studi Informatika, Sistem Informasi, dan Teknologi Informasi Fakultas Ilmu Komputer Universitas Klabat dengan pihak SMK Negeri 1 Ratahan. Penandatanganan ini menjadi bagian dari rangkaian kegiatan PkM, yang bertujuan untuk memperkuat kerja sama dalam penerapan inovasi dan teknologi di lingkungan sekolah. Melalui IA ini, kedua pihak sepakat untuk menjalin kolaborasi berkelanjutan dalam kegiatan pengabdian masyarakat, seperti pelatihan, pendampingan teknologi, serta pengembangan sumber daya manusia di bidang TIK. Kerja sama ini diharapkan dapat memberikan dampak nyata bagi peningkatan mutu pendidikan vokasi di Sulawesi Utara.
Antusiasme Tinggi dari Peserta
Para peserta terlihat sangat antusias mengikuti kegiatan ini. Materi yang disampaikan tidak hanya teoritis tetapi juga langsung diterapkan dalam praktik di laboratorium komputer. Baik siswa maupun guru menyampaikan apresiasi terhadap metode pengajaran yang interaktif dan aplikatif.
Acara ditutup dengan sesi diskusi dan evaluasi kegiatan melalui pengisian kuesioner oleh peserta. Hasil dari kuesioner tersebut menunjukkan tingkat kepuasan yang tinggi terhadap materi yang disampaikan, metode penyampaian, serta interaksi dengan para pemateri. Mayoritas peserta merasa kegiatan ini sangat bermanfaat dan berharap kegiatan serupa dapat dilakukan kembali di masa mendatang. Fakultas Ilmu Komputer Universitas Klabat berharap, kegiatan seperti ini dapat menjadi program rutin untuk menjembatani dunia pendidikan menengah kejuruan dengan perguruan tinggi, serta menumbuhkan semangat inovasi di kalangan generasi muda.