ALUR PENDAFTARAN

Mahasiswa Baru

PROGRAM DIPLOMA & SARJANA

Semester I, TA 2025 - 2026

Step 1

Pemeriksaan Kesehatan

Setiap calon mahassiwa baru UNKLAB wajib mengikuti proses pemeriksaan kesehatan di kampus UNKLAB. Mohon datang sesuai jadwal yang sudah diberikan lewat akun email calon MABA masing-masing.

Lokasi: Lab. Keperawatan, Gedung Kuliah 1 (GK1), Lantai 2

Step 2

Konsultasi dengan Dekan / Kaprodi.

Sebelum mengisi Formulir Pnedaftaran MABA, sebaiknya melakukan konsultasi dengan Dekan / Kaprodi untuk mendapat info lengkap sehubungan dengan program studi yang akan diambil. Namun bagi yang sudah yakin dengan pilihannya boleh melangkahi Step ini dan mengisi formulir pendaftarna MABA dan menunggu pengiriman Nomor Induk Mahasiswa (NIM) lewat alamat email masing-masing.

Lokasi:
1. Fakultas Keguruan & Ilmu Pendidikann = GA, Lt. 1

2. Fakultas Teknik = GA, Lt. 2

3. Fakultas Pertanian = GK1, Lt. 1

4. Fakultas Keperawatan = GK1, Lt. 2

5. Fakultas Ekonomi & Bisnis = GK3, Lt. 2

6. Fakultas Filsafat = GK3, Lt. 1

7. Fakultas Ilmu Komputer = GK3, Lt. 1

Cat. GA = Gedung Administrasi, GK = Gedung Kuliah

Step 3

Memasukan Berkas

Adapun berkas-berkas yang akan diserahkan kepada petugas kantor tata usaha adalah:

1. Ijazah Asli SMA/SMK/Sederajat

2. Fotokopi Ijazah yang dilegalizer sebanyak 3 lebmar

3. Fotokopi Kartu Penduduk 1 lembar

4. Fotokopi Akte Kelahiran 1 lembar

5. Foto terakhir ukuran 3 x 4 cm warna sebanyak 3 lembar

6. Hasil Pemeriksaan Kesehatan / MCU

tambahan berkas bagi Mahasiswa Baru yang beragama GMAHK:

5. Surat Baptisan Asli

6. Surat Keterangan dari Pendeta Jemat, menerangkan jika yang bersangkutan adalah anggota GMAHK yang aktif.

Lokasi: GK1, Lt. 1, no. 101

Step 4

Mengurus Status Tempat Tinggal

Pengurusan status tempat tinggal di Village Dean (luar asrama) atau Kepala Asrama (tinggal dalam asrama)

Lokasi: Lobby GK1, Lt. 1

Step 5

Membayar Biaya Kuliah & Approval BO

LANGKAH 1: BAYAR BIAYA KULIAH
GK1, Lt. 1, no. 104

Pembayaran Biaya Kuliah dilakukan secara online atau transfer ke rekening virtual UNKLAB

> BNI: 98851 065 0000 0000 atau ke...

> Bank Mandiri: 8978 6000 000

Apabila akan bayar tunai, bisa langsung melakukan pembayaran di kantor keuangan kami, dan akan dilayani oleh petugas Bank. .

Bukti transfer mohon attach dan kirim ke email: keuangan@unklab.ac.id atau WA ke nomor: 0819 1907 3131

LANGKAH KE 2: APPROVAL
GK1, Lt. 1, no. 103

Mendapat "Approval" atau persetujuan dari petugas Keuangan kami dengan mengunjungi GK1 ruangan nomor 103.

Step 6

Input Kontrak Mata Kuliah di SIU

Memasukan mata kuliah yang akan dikontrak Semester berjalan (diperoleh dari Dekan/Kaprodi) ke dalam Sistem Informasi UNKLAB (SIU) dan sekaligus mendapatkan Jadwal Kuliah sepanjang semester.

Lokasi: Lab. Komputer GA 201 dan 203, GA, Lt. 2

Step 7

Pembuatan Kartu Mahasiswa

Pengambilan foto untuk pembuatan Kartu Mahasiswa. Harap memperhatikan petunjuk di bawah:

1. Berpenampilan rapih / sopan

2. Rambut rapih (tidak dicat)

3. Melepas semua perhiasan (anting dan kalung)

Lokasi: GA, Lt. 1

LANGKAH KE 2

ALUR PENDAFTARAN

Mahasiswa LAMA

Step 1

Periksa Akun SIU

Mohon periksa akun SIU masing-masing untuk melihat apakah bermasalah dengan kantor WAREK 1 s/d 3, Rgistrar dan atau departemen lain. Mohon untuk menyelesaikan permasalahan tersebut (jika ada) sebelum melanjutkan ke Step berikutnya.

Step 2

Membayar Biaya Kuliah

Pembayaran Biaya Kuliah dilakukan secara online atau transfer ke rekening virtual UNKLAB

> Bank Mandiri no. rek: 8978 6111 111

Bukti transfer mohon attach dan kirim ke email: keuangan@unklab.ac.id

Step 3

Input Kontrak Mata Kuliah di SIU

Step terakhir dalam alur pendaftaran ini adalah memasukan mata kuliah yang akan dikontrak Semester berjalan (diperoleh dari Dekan/Kaprodi) ke dalam Sistem Informasi UNKLAB (SIU) dan sekaligus mendapatkan Jadwal Kuliah sepanjang semester.