Pascasarjana

Dosen-dosen Pascasarjana

 

Latar Belakang

Pascasarjana Universitas Klabat didirikan pada tahun 2008 untuk menjawab tantangan yang muncul untuk memberikan pendidikan magister yang unggul dan berkualitas. Pada saat berdirinya Pascasarjana Universitas Klabat memiliki satu program studi yaitu Program Studi Magister Manajemen. Mengakomodir kepentingan mayoritas mahasiswa pascasarjana yang berdomisili dan bekerja di kota Manado maka tempat pelaksanaan kegiatan belajar mengajar untuk program studi ini dilaksanakan di Kampus Universitas Klabat di Jalan B.W. Lapian 38 Manado.

Program Magister Manajemen (MM) yang ditawarkan oleh Pasca Sarjana Universitas Klabat disiapkan dengan kurikilum berbasis internasional. Proses pembelajaran melibatkan diskusi kelompok dan studi (analisis) kasus yang memadukan teori dan praktek dalam mengaplikasikan pengetahuan tentang manjamen. Keunikan dari program ini adalah kurikulum yang lebih flesibel dengan penyajian global. Tujuannya adalah untuk menggairahkan pola pikir kritis yang berorientasi pada ‘problem solving’ dari perspektif multidisiplin untuk menghadapi tantangan global.

Peningkatan kualitas program studi Magister Manajemen dilakukan dengan intensif dan komprehensif sehingga pada tanggal 24 Mei 2012 program studi ini telah diakreditasi oleh BAN-PT Kementerian Pendidikan Kebudayaan dengan hasil B (Baik) dengan keputusan Nomor 003/BAN-PT/Ak-X/S2/V/2012.

 

Visi

Bertekad menjadi program studi pendidikan manajemen yang unggul dan diakui secara nasional maupun regional pada tahun 2018 dengan mengutamakan keseimbangan antara kompetensi di bidang manajemen (manajemen keuangan perusahaan dan manajemen pemasaran) dengan profesionalisme, moral dan etika, wawasan global, serta berfokus pada pelayanan.

 

Misi

  1. Menyelenggarakan pendidikan program studi Magister Manajemen yang berkualitas untuk menghasilkan lulusan yang berkompeten, professional, dan berdaya saing serta memiliki standar moral, etika dan berorientasi pelayanan sesuai dengan kebutuhan pasar melalui pengalaman akademik yang unik dan kondusif melalui kurikulum, sumber daya manusia, sarana, dan prasarana yang terbaik.
  2. Menitikberatkan kegiatan penelitian sebagai aktivitas utama pendukung kegiatan akademis yang akan mendorong kemajuan dan memperkaya ilmu pengetahuan di bidang manajemen keuangan serta manajemen pemasaran.
  3. Meningkatkan kesejahtraan masyarakat baik taraf lokal maupun nasional melalui kegiatan pengabdian masyarakat yang terarah dan terorganisir secara baik untuk mendorong kemajuan industri kecil menengah.

Tujuan

Dirancang secara terstruktur untuk menyediakan pengalaman belajar yang bersifat teoritis dan praktis guna menghasilkan tenaga professional yang:

  1. Memiliki dasar konseptual yang dalam, kemampuan berpikir secara visioner dan global, penganalisaan yang cermat dan terukur, serta kemampuan untuk memecahkan masalah dengan tepat, sehingga mampu mengaplikasikan ilmunya dalam dunia usaha dengan baik.
  2. Menjadikan penelitian sebagai salah satu aspek pendukung dalam proses pengambilan keputusan yang terbaik.
  3. Memiliki kepekaan terhadap aspek-aspek utama dalam bisnis dan masyarakat sehingga mampu menjembatani berbagai kebutuhan para pemangku kepentingan yang berkaitan dengan dunia usaha.
  4. Memiliki standar moral dan etika yang tinggi serta bertanggung jawab sebagai landasan dalam bersikap dan berperilaku dalam bisnis dan dunia usaha.
  5. Memiliki jiwa kewirausahaan yang tinggi dan mampu untuk menciptakan dan memanfaatkan peluang bisnis untuk kemajuan bersama.

Persyaratan Pendaftaran

  1. Program Pascasarjana Universitas Klabat terbuka bagi calon yang berijasah minimal sarjana S1 atau berijazah minimal ‘bachelor’ dari perguruan tinggi luar negeri yang diakreditasi oleh Departmen Pendidikan Nasional RI, dari segala bidang ilmu.
  2. Nilaik akademik IPK minimal 3.00 (pada skala 0 – 4) atau 6.25 (pada skala 0 – 10).
  3. Apabila calon peserta bukan berlatar belakang bidang ilmu yang diminati maka peserta diharuskan mengikuti program pra-pascasarjana selama 1 Trimester, dengan total sks sebanyak 12 sks.
  4. Memiliki kemampuan Bahasa Inggris yang dibuktikan dengan lulus tes masuk bahasa Inggris yang diselenggarakan oleh Pascasarjana Universitas Klabat atau memiliki sertifikat TOEFL dengan skor minimal 475.
  5. Rekomendasi kelayakan akademik.