Pendidikan Ekonomi

Visi, Misi, dan Tujuan Program Studi Pendidikan Ekonomi

Visi

Menjadi penyelenggara pendidikan unggulan di bidang pendidikan ekonomi melalui kegiatan pendidikan dan pengajaran, penelitian, dan pelayanan kepada masyarakat yang dapat menghasilkan lulusan yang beriman kepada Tuhan, profesional dalam berkarya, berintegritas, serta bertanggung jawab yang melayani dengan hati.

Misi

Demi mewujudkan visi tersebut, Program Studi Pendidikan Ekonomi merumuskan misi selama periode 2016-2019 sebagai berikut:

Menjadi program studi panutan yang menghasilkan lulusan di bidang pendidikan ekonomi yang profesional, mahir dalam hal pedagogik, berjiwa sosial dan pengabdian yang tinggi, berkepribadian yang prima, dan berkerohanian yang berpedoman pada asas kepercayaan Gereja Masehi Advent Hari Ketujuh (GMAHK).

Misi tersebut diuraikan ke dalam lima kompetensi di mana program studi berupaya mendidik para mahasiswa untuk:

  1. Menjadi seorang yang profesional dan cakap dalam bidang keilmuwan dan perilaku berkarya (kompetensi profesional).
  2. Melatih kemampuan membimbing dan mengajar (kompetensi pedagogik).
  3. Mengamalkan kehidupan yang berlandaskan Pancasila dan kehidupan bermasyarakat yang mulia (kompetensi sosial dan kewarganegaraan).
  4. Menjadi tenaga kerja yang prima dan siap kerja yang berdisiplin tinggi (kompetensi kepribadian prima).
  5. Menghayati nilai-nilai kekristenan sesuai dengan asas pendidikan Kristen Advent yang tertuju kepada Allah yang maha kuasa (kompetensi kerohanian).

 

Tujuan Instruksional Umum

  1. Mempersiapkan serta menghasilkan lulusan yang percaya dan taat kepada Tuhan, mengabdi kepada bangsa dan negara berdasarkan Pancasila dan UUD 1945.
  2. Melaksanakan pendidikan yang bertumpuh pada nilai-nilai kepercayaan GMAHK-7, yakni pengembangan manusia yang selaras antara fisik, mental, rohani, dan sosial, serta mewujudkan Tri Dharma Perguruan Tinggi melalui kebebasan akademik yang bebas dan bertanggung jawab.
  3. Membuka kesempatan secara adil dan akses pendidikan ekonomi yang berkualitas bagi masyarakat.
  4. Menghasilkan lulusan yang cakap dalam bidang keilmuan, mampu berpikir ilmiah, berintegritas, dan dapat mempraktekkan ilmu yang didapat dalam dunia kerja.

 

Tujuan Instruksional Khusus:

  1. Menyiapkan dan mengembangkan kurikulum yang berbasis kompetensi yang dapat menyokong pengajaran dan pelatihan yang berkualitas untuk menyiapkan mahasiswa menjadi tenaga kerja yang kompeten.
  2. Mendidik mahasiswa untuk mampu membuat penelitian dan pengabdian yang berkontribusi kepada masyarakat.
  3. Melatih mahasiswa untuk memiliki jiwa melayani, berintegritas, dan bertanggung jawab.
  4. Menanamkan budaya disiplin dan etos kerja yang tinggi agar menjadi tenaga kerja yang profesional dan berkarakter.
  5. Menyiapkan lulusan berkualitas yang tidak hanya siap berkarya tapi juga siap untuk melanjutkan ke jenjang pendidikan yang lebih tinggi.

 

Tujuan Pengembangan (2016 – 2019)

  1. Meningkatkan status akreditasi program studi
  2. Mengarahkan sistem pendidikan yang berbasis penelitian
  3. Meningkatkan kuantitas dan kualitas penelitian
  4. Meningkatkan profesionalisme dosen program studi
  5. Pemutakhiran dan pengembangan kurikulum program studi
  6. Meningkatkan kualitas akademik dosen
  7. Pengembangan sarana dan pra-sarana pembelajaran
  8. Memperbarui dan menambah jumlah kerjasama dengan institusi/organisasi lainnya
  9. Meningkatkan kualitas dan kuantitas pengabdian kepada masyarakat
  10. Memaksimalkan kompetensi dan kualitas lulusan
  11. Menaikkan jumlah mahasiswa program studi
  12. Meningkatkan jumlah mahasiswa yang terlibat dalam program kerohanian, pengembangan moral dan integritas

 

Profesi Lulusan Program Studi Pendidikan Ekonomi

Profesi yang mampu dijalani oleh lulusan Program Studi S1 Pendidikan Ekonomi adalah:

  1. Guru mata pelajaran ekonomi di SMA dan SMK
  2. Guru IPS di SMP
  3. Wirausahawan
  4. Staf pada dinas atau yayasan pendidikan
  5. Karyawan swasta
  6. Akuntan
  7. Tenaga administrasi di bidang pendidikan
  8. Tenaga administrasi umum
  9. Konsultan pendidikan
  10. Tenaga sales
  11. Tenaga marketing