Program Studi Pendidikan Luar Sekolah

Program Studi Pendidikan Luar Sekolah

Visi

Menjadi program studi yang diunggulkan dalam dunia pendidikan melalui kegiatan pendidikan dan pengajaran, penelitian, pengabdian masyarakat di bidang PLS sehingga tahun 2020 menghasilkan lulusan yang dapat bersaing dalam bidang pedagogik secara profesional, berjiwa sosial tinggi, berkepribadian prima, dan berkerohanian.

Misi

Berdasarkan uraian visi di atas, maka pada periode tahun 2016-2019, Program Studi Pendidikan Luar Sekolah Universitas Klabat memiliki misi yaitu:

Menghasilkan tenaga pendidik yang profesional berdasarkan bidang keilmuan, yang berorientasi pada dunia kerja, yang memiliki rasa tanggung jawab tinggi, terampil dan mandiri, serta berakhlak mulia sesuai dengan asas kepercayaan Kristen Advent.

Misi tersebut dijabarkan dalam lima kompetensi di mana PS berupaya mendidik para mahasiswa untuk:

  • Memperkuat kompetensi dalam bidang keilmuwan dan perilaku berkarya (kompetensi profesional).
  • Mengembangkan daya saing dalam bidang pedagogik dan kemahiran mengajar (kompetensi pedagogik).
  • Menghidupkan kehidupan yang bermoral Pancasila dan kehidupan bermasyarakat demi tercapainya perilaku warga negara yang baik (kompetensi sosial dan kewarganegaraan).
  • Menjadi tenaga-tenaga yang siap kerja, termotivasi dan berdisiplin tinggi (kompetensi kepribadian prima).
  • Menghayati nilai-nilai kekristenan sesuai dengan asas pendidikan Advent sehingga mereka dapat melayani dengan hati untuk kebutuhan pendidikan Kristen Advent dan masyarakat (kompetensi kerohanian).

 

Tujuan Instruksional Umum

Adapun tujuan umum Program Studi Pendidikan Luar Sekolah adalah:

  1. Memberikan kesempatan dan akses pendidikan yang berkualitas kepada masyarakat luas yang berhasrat mengembangkan kemampuan di bidang ilmu pendidikan luar sekolah.
  2. Menyelenggarakan pendidikan yang bertumpuh pada nilai-nilai kepercayaan Gereja Masehi Advent Hari Ketujuh, yaitu pengembangan serasi antara fisik, mental, rohani dan sosial, serta mewujudkan Tri Dharma Perguruan Tinggi melalui kebebasan akademik yang bebas dan bertanggung jawab.
  3. Menyiapkan dan menghasilkan manusia Indonesia yang kuat dalam iman, mengabdi kepada bangsa dan negara berdasarkan Pancasila dan UUD 45, memiliki disiplin yang tinggi, dan beretika yang tinggi serta tanggung jawab kemanusiaan.
  4. Menghasilkan lulusan yang cakap dalam keilmuan dan penelitian, menguasai ilmu dan pengetahuan yang komprehensif dalam bidang ilmu yang ditekuninya, berpikir ilmiah, memiliki ketrampilan yang mendukung kompetensinya, dan mampu mempraktekkan ilmu dalam dunia kerja terutama sebagai tenaga pendidik yang kompeten, kreatif dan efektif.
  5. Menyiapkan lulusan yang memiliki kualitifasi tinggi, yang dibarengi dengan kompetensi akademik dan profesional yang diperlukan untuk melanjutkan ke jenjang pendidikan yang lebih tinggi (S-2 dan S-3)

Tujuan Instruksional Khusus

  1. Membentuk tabiat yang ditandai oleh kejujuran, mandiri, disiplin, bertanggung jawab, dan setia kepada Allah, bangsa dan sesama.
  2. Mengembangkan kesanggupan berpikir yang kritis, mampu memecahkan masalah dan membedakan benar dan salah.
  3. Mengembangkan sikap respek terhadap diri sendiri, orang lain, dan pekerjaan, dan menghargai ide serta buah karya orang lain, serta turut menghargai privasi, kepemilikan dan fasilitas umum.
  4. Menanamkan keinginan yang kuat untuk berpikir luas dan maju, serta terus memberikan kontribusi bagi penelitian dan pengembangan iptek.
  5. Membudayakan etos kerja yang tinggi, serta menghargai keagungan bekerja (dignity of work).
  6. Membimbing mahasiswa untuk memahami, memiliki, menghayati dan mengamalkan pancasila dan UUD 1945 yang merupakan dasar dan panduan bagi keutuhan, kesatuan dan kelestarian bangsa dan negara Indonesia.