Tentang Kami

Sejarah

heritage

dinning GA

 

 

Tahun 1965 Universitas Klabat (UNKLAB) didirikan dengan nama Perguruan Tinggi Klabat (PTK) yang dibina dan diawasi oleh Gereja Masehi Advent Hari Ketujuh (GMAHK) melalui Yayasan Perguruan Tinggi Klabat yang berlokasi di Kecamatan Airmadidi, Minahasa, Sulawesi Utara.  Pada mulanya, perguruan tinggi ini didirikan untuk menghasilkan pendeta-pendeta dan guru-guru yang akan melayani kebutuhan khusus organisasi GMAHK di propinsi-propinsi di Sulawesi, Maluku, dan Irian Jaya.  Selanjutnya seiring dengan perkembangan organsiasi GMAHK, dirasakan perlu untuk menyediakan tenaga-tenaga sekretaris dan akuntan, bahkan tenaga-tenaga sarjana di dalam bidang pertanian, komputer dan keperawatan yang juga diperlukan untuk pembangunan regional dan nasional.  Saat didirikan, PTK membuka program studi Diploma Dua Tahun (D2) untuk Teologia dan Pendidikan Sekolah Dasar.

Ketika pada tahun 1970 PTK dirubah menjadi Sekolah Tinggi Klabat (STK) berdasarkan Surat Keputusan Menteri Pendidikan dan Kebudayaan Nomor 211/S/DPT/I/1970, maka dikembangkan program Sarjana Muda Empat Tahun untuk program studi Teologia dan Pendidikan Sekolah Menengah dan dibuka program D2 untuk program studi Sekretari dan Business Administration atau Commerce.  Selanjutnya program studi Commerce dikembangkan menjadi program sarjana muda yang diikuti dengan program studi sarjana muda Pendidikan Bahasa Inggris dan Pendidikan Agama untuk memperluas pelayanan terhadap kebutuhan masyarakat yang lebih luas.  Kemudian pada tahun 1982 terjadi perubahan dari STK menjadi Universitas Klabat melalui Surat Keputusan Menteri Pendidikan dan Kebudayaan No. 0184/0/1982.

Melengkapi fakultas eksakta yang sudah ada, pada tahun 1999 UNKLAB membuka Fakultas Ilmu Komputer (FIK) dengan program studi Sistim Informasi.

Sekarang ini UNKLAB memiliki 1 (satu) Program Pascasarjana, 7 (tujuh) fakultas dan 1 (satu) akademi, yaitu: (1) Pascasarjana Magister Manajemen (2) Fakultas Ekonomi (FEKON), (3) Fakultas Filsafat, (4) Fakultas Keguruan dan Ilmu Pendidikan (FKIP), (5) Fakultas Ilmu Keperawatan (6) Fakultas Ilmu Komputer (FIK), (7) Fakultas Pertanian, dan (8) Akademi Sekretari Klabat.


Warisan

rumah tua

Univeritas Klabat adalah pusat pendidikan tinggi yang didirikan oleh Gereja Masehi Advent Hari Ketujuh untuk menyediakan mahasiswa bagi pelayanan di Indonesia dan tempat lainnya.

Universitas ini didirikan pada tahun 1965 dengan nama Perguruan Tinggi Klabat dan saat ini berubah status dengan nama Universitas Klabat berusaha menyediakan pendidikan Kristen yang bermutu dalam tradisi Gereja Masehi Advent Hari Ketujuh.  Tradisi ini bertujuan untuk mengembangkan keseluruhan potensi insani di dalam diri para mahasiswa dan menghentarkan mereka pada keserasian dengan sang Pencipta dan sesama manusia.

Tugas istimewa universitas ini adalah untuk menyediakan mahasiswa berpartisipasi pada misi unik gereja kepada dunia, berpikir mandiri, kreatif dan analitis dalam konteks budaya, norma dan kebijakan pendidikan nasional.  Memperoleh identitas pribadi dalam mengembangkan suatu pandangan kristiani, belajar menghargai pandangan dan budaya ini.

Lembaga pendidikan ini menerima mahasiswa yang mengerti dan menerima misi universitas.


Visi

Menjadi universitas swasta Kristen Masehi Advent Hari Ketujuh yang memperoleh pengakuan secara nasional, dan internasional melalui pendidikan dan pengajaran, penelitian, dan pengabdian kepada masyarakat yang bermutu dengan dilandasi pada suatu proses pengembangan yang serasi yakni spiritual, intelektual, fisik dan sosial.


Pernyataan Misi

Universitas Klabat bertekad mencapai keunggulan mutu dalam pendidikan Kristen Masehi Advent Hari Ketujuh dengan menciptakan lingkungan yang kondusif untuk pengembangan karakter Kristiani yang mulia dan untuk pembekalan ketrampilan dan ilmu pengetahuan kepada mahasiswa agar bisa menjadi warga negara yang mampu hidup mandiri dan bekerja untuk melayani sesama manusia tanpa mementingkan diri sendiri.


Tujuan

Berdasarkan pernyataan Visi dan Misi, Universitas Klabat berupaya mencapai tujuan-tujuan berikut:

  1. Menuntun mahasiwa dalam pembentukan karakter Kristiani yang ditandai dengan kerajinan, kejujuran, penghematan, pengendalian-diri, dan kekudusan.
  2. Memanfaatkan hasil penelitian dan teknologi semaksimal mungkin untuk memastikan pembelajaran yang bersifat student-centered dan student-oriented.
  3. Membekali mahasiswa dengan ketrampilan dan penerapan ilmu pengetahuan dan teknologi yang ditekuninya.
  4. Meningkatkan penelitian dosen dengan melibatkan mahasiswa.
  5. Menerapkan ilmu pengetahuan dan teknologi semaksimal mungkin dalam bentuk pengabdian kepada masyarakat dengan melibatkan dosen, staf, dan mahasiswa.

Nilai-Nilai

  • Menyebarkan Pekerjaan (Kerajaan) Allah di dunia

Universitas Klabat bertekad menjadi penatalayan yang bertanggung jawab terhadap lingkungan melalui konservasi dan pelestarian sumber-sumber alam.  Lembaga pendidikan ini berkeinginan untuk melayani kebutuhan-kebutuhan mahasiswa dan masyarakat sekitarnya, bertekad untuk mengembangkan dan membangun masyakarat oleh menyediakan orang-orang yang berpengetahuan dan berpandangan luas untuk melayani gereja, masyarakat umum, serta sektor-sektor swasta lainnya.

  • Menciptakan Lingkungan Yang Optimal

Pendidikan membutuhkan suatu lingkungan yang alamiah dan menyokong, yang dapat membangkitkan minat dan semangat untuk kreatifitas dan pengetahuan.  Sebagai institusi Masehi Advent Hari Ketujuh, Universitas Klabat bertekad untuk memperkembangkan satu masyarakat yang peduli dan terdorong untuk mempromosikan praktek-praktek profesional, administrasi yang efisien, dan suatu etos pelayanan di dalam atmofsir persekutuan kristiani.

  • Bekerja Sama Dalam Meneliti, Mengukur dan Meraih

Pendidikan adalah satu usaha yang keras tapi kooperatif.  Universitas Klabat berkeyakinan bahwa hanya apabila mahasiswa-mahasiswa dan dosen-dosen dari berbagai fakultas dan bidang studi bekerja sama secara dekat di dalam penelitian, usaha, dan pelayanan, maka pendidikan menyeluruh dan berimbang akan benar-benar tercapai.  Universitas ini bertekad menumbuhkembangkan sumber-sumber dan fasilitas-fasilitasnya sehingga staf pengajar dan mahasiswa dapat terlibat di dalam usaha yang berkesinambungan mencari akan kebenaran, pengevaluasian secara kritis akan pekerjaan, dan upaya penemuan kebijaksanaan.

  • Nilai, Pengetahuan, Keterampilan dan Pengertian

Pendidikan adalah perkembangan yang seimbang dari keseluruhan potensi manusia pada setiap individu.  Universitas Klabat percaya akan keagungan dan keunikan setiap manusia, nilai saling menghargai, bekerja dengan tangan, serta keterampilan-keterampilan praktis.

Karenanya, Universitas bertekad menyediakan bagi mahasiswa informasi terkini, latihan efektif untuk keterampilan yang dibutuhkan, dan kesempatan untuk pengembangan tabiat.  Universitas Klabat melalui proses pendidikan berusaha memberikan inspirasi dan tantangan kepada mahasiswa untuk memperoleh nilai-nilai kristiani melalui integrasi iman dan pembelajaran.

  • Warga Negara Yang Bertanggung-Jawab, Penelitian, Pelayanan dan Kepemimpinan

Pendidikan tidak berakhir dengan wisuda tetapi merupakan suatu permulaan.  Unviersitas Klabat bertekad dalam kemitraaannya dengan para orang tua, lulusan, masyarakat dan pemerintah, menyediakan mahasiswa menghadapi tantangan-tantangan hidup dan bekerja di dalam satu dunia yang semakin kompleks dan berubah-ubah.  Lebih dari pada itu, kemitraan ini dimaksudkan untuk dapat memberikan pelayanan yang efektif dan penuh kasih di dalam masyarakat dan gereja, untuk pengabdian seumur hidup kepada pembelajaran dan keunggulan.

Hal ini dapat dicapai dengan menyediakan kualifikasi-kualifikasi dasar dan keterampilan-keterampilan yang diperlukan mahasiswa untuk keberhasilan karir di dunia usaha, dan memampukan mereka mengenal serta menangani masalah-masalah dan kesempatan-kesempatan secara konstruktif.


    Arti Lambang

    LOGOUK

    1. Universitas Klabat memiliki lambang berbentuk segi lima berisi gambar seekor burung merpati yang kedua sayapnya memanjang membentuk dua buah nyala api dan yang di atas kepalanya berdiri sebuah salib; di bawah nyala api itu terdapat tulisan UNKLAB, sebuah gambar buku, dan bilangan 1965; lingkaran bagian dalam dari segi lima itu terdapat tulisan UNIVERSITAS KLABAT AIRMADIDI MANADO dalam bentuk lingkaran. Lambang itu mempunyai dasar atau latar belakang warna kuning dengan sisi-sisi berwarna putih, merah dan ungu.
    2. Segi lima menggambarkan Pancasila; nyala api berarti semangat yang menyala-nyala yang didorong oleh Roh Kudus Allah yang disimbolkan oleh burung merpati; buku itu adalah Alkitab sebagai sumber dasar pendidikan Advent; bilangan 1965 adalah tahun berdirinya Universitas Klabat; Airmadidi adalah tempat kedudukan kampus Universitas Klabat dan Manado adalah ibukota propinsi. Warna kuning berarti nama baik agung; putih berarti suci, gembira, dan mulia; merah berarti keberanian dan saling; ungu berarti pengorbanan.

    Bendera

    Universitas Klabat mempunyai bendera yang berbentuk persegi empat berwarna dasar ungu dengan lambang Universitas terdapat di tengahnya.


    Hymne

    • Universitas Klabat mempunyai sebuah lagu hymne berjudul MARS UNKLAB yang diciptakan oleh Boaz J. Dompas, Ph.D.
    • Hymne Universitas dikumandangkan pada acara-acara resmi dalam lingkungan Universitas.

     

    Mars UNKLAB

    Di kaki Klabat yang indah dan segar
    UNKLAB perguruanku dikaki Tuhan Khalik alam semesta aku menambang ilmu

    Berkembang serasi seluruh jiwa raga Ini tujuanku

    Tridharma amalkan
    Triutama wujudkan
    Pantulkan sifat Allahku

    UNKLAB pujaanku
    Harumlah  namamu
    Aku berjanji, setia mengabdi
    sepanjang hidupku

    UNKLAB kebanggaanku
    masyurlah citramu
    Tiap derap langkahmu
    Teguhkan janjiku
    Hiduplah UNKLABku