Fakultas Pertanian

Dosen-dosen Fakultas Pertanian

 

Fakultas Pertanian Universitas Klabat menyelenggarakan Program Pendidikan Strata I (S-1) sejak tahun 1986 untuk jurusan Budidaya Pertanian dan Program Studi Agronomi dengan konsentrasi tanaman pangan, hortikultura dan perkebunan tropis dengan menggunakan bioteknologi dan menerapkan prinsip-prinsip agribisnis yang keberadaannya sangat diperlukan oleh masyarakat baik pada masa kini maupun pada masa yang akan datang. Pengembangan Budidaya Pertanian ini sangat diperlukan seiring dengan kemajuan ilmu dan teknologi dan bertambahnya jumlah penduduk baik di Indonesia maupun di dunia dalam menyiapkan pangan yang cukup dan bergizi.

Sumber daya alam Indonesia cukup tersedia untuk diolah secara profesional oleh manusia yang profesional dan ahli dalam bidangnya. Manfaatnya dapat dinikmati oleh pengusaha, pemerintah, dan juga masyarakat secara keseluruhan.

Oleh sebab itu Universitas Klabat merasa perlu untuk terlibat dalam penyediaan tenaga yang terdidik, siap pakai, ahli dan terampil dalam bidang agronomi dan siap menerima tanggung jawab yang dibebankan kepadanya serta takut akan Tuhan. Seorang mahasiswa Fakultas Pertanian Universitas Klabat yang telah menyelesaikan program pendidikannya berhak memakai gelar Sarjana Pertanian – S.P.

Tujuan Pendidikan

  1. Memuliakan dalam diri mahasiwa citra Khalik-Nya serta meningkatkan perkembangan tubuh, pikiran, dan jiwa agar memiliki maksud Ilahi dalam ciptaan-Nya dapat terealisir.
  2. Melaksanakan Tri Dharma perguruan tinggi melalui pemanfaatan, pelestarian dan pengembangan modal dasar fakultas seefisien mungkin untuk kepentingan kemanusiaan dan masyarakat dimasa kini dan masa depan.

Secara khusus pendidikan di Fakultas Pertanian bertujuan untuk:

  1. Mempersiapkan Sarjana Pertanian yang berjiwa Pancasila dan memiliki integritas kepribadian tinggi.
  2. Mempersiapkan Sarjana Pertanian yang ahli dan trampil dalam usaha peningkatan produksi tanaman pertanian dari berbagai komoditi (pangan, hortikultura, dan perkebunan) di daerah tropis dan mampu memecahkan masalah pengelolaan lapangan produksi tanaman dengan menggunakan bioteknologi dan menerapkan prinsip-prinsip agribisnis untuk mencapai hasil maksimum.
  3. Mempersiapkan Sarjana Pertanian yang bersifat terbuka, responsif terhadap perubahan dan kemajuan ilmu teknologi di bidang pertanian dalam kaitannya dengan masalah-masalah yang dihadapi masyarakat.
  4. Mempersiapkan Sarjana Pertanian yang menguasai dasar-dasar ilmiah dan metodologi dibidang pertanian sehingga mampu menemukan, memahami, menjelaskan, dan merumuskan cara penanggulangan masalah.
  5. Mempersiapkan Sarjana Pertanian yang berjiwa penuh pengabdian serta memelihara rasa tanggung jawab yang besar terhadap pembangunan pertanian dalam arti luas dari masa sekarang dan masa yang akan datang.
  6. Mempersiapkan Sarjana Pertanian yang berjiwa penuh pengabdian serta dipersiapkan pula untuk dapat mandiri menciptakan lapangan kerja baru dibidang pertanian.

Penerimaan Mahasiswa

Selain ketentuan umum untuk penerimaan mahasiswa Universitas Klabat, calon mahasiswa untuk Program Pendidikan Strata-1 Agronomi adalah SMA Jurusan IPA-IPS, SMK Pertanian serta lulusan Sekolah Pertanian Menengah Atas dengan nilai rata-rata kelulusan paling rendah 6. Calon mahasiswa diwajibkan mengikuti test masuk dan lulus test masuk.

Fakultas Pertanian juga membuka Program Minor antara lain: Minor Agronomi sebanyak 24 – 26 SKS untuk seluruh mahasiswa dari berbagai program studi yang ada di Universitas Klabat. Selain itu untuk menambah kesempatan yang lebih luas dalam mendapatkan pekerjaan bagi sarjana agronomi bekerja di bidang pendidikan sebagai pengajar dengan mendapatkan Akta IV dan perbankan serta perkantoran maka Fakultas Pertanian membuka program Minor Pendidikan 26 SKS dan Minor Management 30 SKS.