Media Training 2016

Departemen Komunikasi Gereja Masehi Advent Hari Ketujuh Uni Konfrens Indonesia Kawasan Timur (GMAHK UKIKT) bekerjasama dengan Hope Channel Indonesia (HCI) telah menyelenggarakan kegiatan Media Training yang berlangsung selama 3 hari, 5 - 7 September 2016 di aula KM Bahari UKIKT, Manado, Sulawesi Utara.

Kegiatan ini diikuti oleh Bpk. Frederik Kalangi, selaku pemimpin departemen komunikasi jemaat Universitas Klabat serta 50 peserta lain dari daerah Minahasa Utara, Sangihe Talaud, Bolaang Mongondow, Gorontalo, Papua, Konfrens Manado dan Maluku Utara dan Konfrens Minahasa.

Seminar ini dibuka secara resmi oleh Pdt. Harry Waworuntu, MPTh, selaku Direktur Komunikasi GMAHK UKIKT.  Pdt. Waworuntu dalam sambutannya berharap agar seluruh peserta dapat menguasai teknik-teknik pembuatan berita yang berkualitas agar dapat ditayangkan atau dipublikasikan pada program-program HCI, radio, media cetak maupun media sosial.

Pembawa materi pada kegiatan ini adalah para ahli di bidang masing-masing, seperti Bpk. Donald Weley, dari tim HCI untuk membahas teknik-teknik memproduksi berita dengan menggunakan smart phone, mengatur sound system gereja, serta pengenalan peralatan yang digunakan di studio penyiaran. 

Sementara Ibu Susan Palilingan, dari Komisi Penyiaran Indonesia Daerah Sulawesi Utara (KPID), sekaligus selaku Koord. Bidang Kelembagaan KPID membawakan materi dengan judul Masyarakat Kritis dan Cerdas Melalui Media Penyiaran.  Selanjutnya ada Bpk. Jimy Simarmata dari Radio Angkat Nafiri (RAN) GMAHK yang memberikan tips-tips menulis berita.

Pada sesi terakhir, Pdt. Waworuntu menyampaikan materi tentang tatakrama penggunaan media sosial.  Pada kesempatan itu pula Pdt. Waworuntu berharap sekembalinya ke jemaat masing-masing, para peserta training boleh melatih para anggota jemaat untuk menjadi lebih profesional dalam pembuatan berita.  

Kegiatan ini ditutup dengan melakukan komitmen dan doa bersama serta penyerahan sertifikat.

1

1

1

1

1

2

22

111

3

4

5

2

1

11

66