Fakultas Keperawatan

Dosen-dosen Fakultas Ilmu Keperawatan

Latar Belakang

Kurang lebih seperempat abad yang lalu atas keputusan Menteri Pendidikan dan Kebudayaan R.I., status Perguruan Tinggi Klabat dirubah menjadi Universitas Klabat. Sejak saat itu Universitas Klabat berkembang pesat sehingga telah memiliki beberapa fakultas, diantaranya: Fakultas Filsafat, Fakultas Ekonomi, Fakultas Pertanian, Fakultas Keguruan dan Ilmu Keguruan dan Ilmu Pendidikan, Fakultas Ilmu Komputer, serta Akademi Sekretari Manajemen. Perkembangan Ilmu Pengetahuan dan Teknologi terus meningkat dalam pelbagai disiplin ilmu, termasuk Pengetahuan dan Teknologi dalam bidang kesehatan. Bidang kesehatan merupakan tangan kanan dari pekabaran/penginjilan Gereja Masehi Advent Hari Ketujuh yang sangat dimaklumi oleh Administrator Universitas Klabat.

Dalam mewujudkan tugas mulia tersebut Universitas Klabat yang dibawahi oleh Uni Konferens Indonesia Kawasan Timur, pada bulan Agustus 2006 telah menambah satu Fakultas lagi yaitu Fakultas Ilmu Keperawatan dengan maksud menyediakan tenaga perawat profesional yang kompeten dan berkualitas tinggi yang sanggup menyajikan pelayanan kesehatan, yang mencakup biopsikososio spiritual.

Falsafah

Fakultas Keperawatan Universitas Klabat yakin bahwa:

  • Allah sebagai sumber pengetahuan dan hikmat.
  • Allah sebagai pencipta dan telah menciptakan manusia secara sempurna tetapi telah berdosa.
  • Yesus sebagai Dokter Agung telah melayani Ciptaan-Nya dengan penuh kasih.
  • Fakultas Keperawatan memulihkan Citra Khalik dalam manusia melalui hikmat yang diberikan Allah kepada para perawat yang berdedikasi.
  • Fakultas keperawatan melanjutkan pelayanan Kasih Dokter Agung terhadap sesama, melalui perawat-perawat profesional yang kompeten baik knowledge, skill dan attitude.
  •  

Visi

Visi Program Studi Ners Universitas Klabat menjadi program studi keperawatan swasta yang menghasilkan perawat profesional yang terbaik di Sulawesi Utara dalam penekanan khusus di bidang medikal-bedah dan komunitas dan siap kompetisi Global pada tahun 2030.

Misi

  • Program studi Ners mendidik dan menyiapkan perawat professional yang kompeten yang mengacu pada standar nasional dengan keunggulan dalam bidang keperawatan medikal-bedah dan komunitas.
  • Melaksanakan penelitian yang inovatif dan tepat guna.
  • Melaksanakan dan mengembangkan Pengabdian Kepada Masyarakat untuk mengoptimalkan derajat kesehatan masyarakat.
  • Melaksanakan kegiatan spiritual sesuai dengan Misi Gereja Masehi Advent Hari Ketujuh.

Tujuan

Sesuai dengan falsafah dan tujuan Universitas Klabat, maka tujuan Fakultas Keperawatan adalah:

  • Dihasilakan lulusan keperawatan yang kompeten dan siap berkompetisi secara global.
  • Tersedianya sumber daya manusia yang baik dari aspek kualitas dan kuantitas sesuai dengan bidang keahliannya.
  • Tersedianya sarana dan prasarana yang memadai untuk kelancaran proses belajar dan mengajar.
  • Terlaksananya penelitian yang berguna bagi ilmu dan praktek keperawatan.
  • Terlaksananya Pengabdian Kepada Masyarakat yang berkesinambungan.
  • Mengembangkan potensi mahasiswa agar menjadi manusia beriman dan mempunyai karakter

Sistem Pendidikan

Penyelenggaraan program pendidikan tinggi pada umumnya menggunakan Sistem Kredit Semester (SKS) dan sistem ini dapat memberikan gambaran beban studi mahasiswa, beban tugas tenaga akademik, dan beban penyelenggaraan program pendidikan.

Tujuan penerapan sistem tersebut diatas adalah:

  • Memberikan kesempatan kepada mahasiswa agar dapat menyelesaikan program studi yang telah ditentukan.
  • Memberikan kesempatan kepada mahasiswa agar dapat menentukan mata ajar yang sesuai pada batas-batas tertentu.
  • Dapat mengevaluasi kemajuan belajar mahasiswa dengan sebaik-baiknya.

Yang dimaksud dengan semester adalah satuan kegiatan yang terdiri atas 16-18 minggu kuliah.

Tahun Akademik

Pada umumnya tahun akademik dimulai setelah secara resmi mahasiswa baru diterima menjadi mahasiswa di Universitas tersebut, termasuk di Universitas Klabat. Tahun akademik ini dimulai pada awal bulan Agustus dan diakhiri pada bulan Mei tahun berikutnya. Tahun akademik dibagi menjadi dua semester yang dinamakan semester ganjil dan genap. Tiap semester berlangsung 16-18 minggu dan kuliah diadakan pagi, siang dan sore hari. Praktek lapangan dan klinik dilakukan pada pagi, siang dan malam hari untuk beberapa mata ajar keperawatan klinik.

Penerimaan Mahasiswa

Fakultas Keperawatan menerima semua tamatan SMA dan sederajat, baik yang single ataupun yang sudah berkeluarga dengan tinggi badan bagi wanita minimal 150 cm dan bagi pria minimal 155 cm dengan berat badan yang sesuai dengan tinggi badan. Hal ini penting dalam memperlancar pelayanan dan memberikan kenyamanan pada pasien. Evaluasi penetapan apakah mahasiswa dapat meneruskan pendidikannya pada akhir semester pertama bagi mahasiswa transfer dari fakultas lain dan bagi mahasiswa baru, evaluasi diadakan pada akhir tahun pertama.

Mahasiswa yang mencapai GPA <2.25, boleh meneruskan perkuliahannya di Fakultas Keperawatan. Bila pencapaiannya dibawah ketentuan tersebut diatas maka mahasiswa dianjurkan untuk pindah ke fakultas lain.

Persyaratan lain disesuaikan dengan ketentuan-ketentuan yang ditetapkan oleh Universitas Klabat.