Fakultas Keguruan dan Ilmu Pendidikan

Dosen-dosen Fakultas Keguruan dan Ilmu Pendidikan

    Pendidikan yang ditawarkan

    Fakultas Keguruan & Ilmu Pendidikan

    1. Program Studi Pendidikan Agama (Akreditasi BAN-PT)
    2. Program Studi Pendidikan Bahasa Inggris (Akreditasi BAN-PT)
    3. Program Studi Pendidikan Ekonomi (Akreditasi BAN-PT)
    4. Program Studi Pendidikan Guru Luar Sekolah (Akreditasi BAN-PT)

     

    Sejarah Singkat

    Universitas Klabat didirikan didirikan pada tahun 1965 dengan nama Perguruan Tinggi Klabat.  Salah satu program studi yang dibuka pertama adalah Pendidikan Sekolah Dasar 2 tahun.SD Advent UNKLAB berdiri pada tahun 1968sebagai sekolah laboratori. Pada tahun 1970, ketika Perguruan Tinggi Klabat dirubah nama menjadi Sekolah Tinggi Klabat, maka program Studi Pendidikan Sekolah Dasar ditingkatkan menjadi 4 tahun (S-0).Dibuka pula dua Prodi yang lainnya, Pendidikan Bahasa Inggris, dan Pendidikan Guru Agama.Tahun 1974, lab school berikutnya didirikan, SMP Advent UNKLAB, dilanjutkan dengan dibukanya English Departement.Departemen ini mengelola mata kuliah umum Bahasa Inggris dan laboratorium Bahasa yang digunakan oleh semua mahasiswa UNKLAB.Prodi Pendidikan Ilmu Sosial ditambahkan pada tahun 1976.

    Fakultas Keguruan dan Ilmu Pendidikan sendiri dibentuk secara resmi pada tahun 1982, ketika Sekolah Tinggi Klabat berubah status menjadi Universitas Klabat. Program studi yang diasuh oleh FKIP ada empat pada waktu itu, yaitu: Pendidikan Sekolah Dasar (kemudian kembangkan menjadi Pendidikan Luar Sekolah), Pendidikan Bahasa Inggris, Pendidikan Guru Agama dan Pendidikan Ilmu Sosial (yang kemudian menjadi Pendidikan Ekonomi).

    Pada mulanya tamatan FKIP UNKLAB hanya melayani kebutuhan guru pada sekolah-sekolah Advent yang tersebar di kawasan timur Indonesia, tetapi seiring dengan bertambahnya kebutuhan akan guru dan meningkatnya jumlah mahasiswa, tamatan FKIP UNKLAB melayani pula untuk guru-guru Sekolah Negeri dan Swasta lainnya. Dengan demikian kebutuhan untuk adanya Ijin Operasi dan Akreditasi semakin meningkat, maka sejak tahun 1990an Ijin Operasi telah dilengkapi untuk semua Prodi. Pada tahun 2000 untuk pertama kalinya Prodi Pendidikan Bahasa Inggris telah diakreditasi BAN. Selain akreditasi BAN, sejak dari berdirinya PTK secara institusi sekolah ini telah diakreditasi oleh AAA, lembaga akreditasi Gereja Advent sedunia, yang berkantor pusat di Maryland, Amerika Serikat. Sejak tahun 2000, Universitas Klabat telah mencapai akreditasi full 5 tahun, level yang tertinggi dari semua universitas Advent sedunia.

    Pada tahun 2005, sekolah laboratorium lainnya didirikan, SMA UNKLAB dan TK UNKLAB.Jumlah siswa pada keseluruhan sekolah laboratorium (TK, SD, SMP dan SMA) sekitar 1,300 orang.Fakultas Keguruan dan Ilmu Pendiidkan sendiri memiliki 32 Dosen yang terdiri dari 14 dosen. Jumlah mahasiswa yang mendaftar sekitar 4o0an orang, yang terbagi dalam empat Prodi S-1, yaitu Pendidikan Bahasa Inggris, Pendidikan Ekonomi, Pendidikan Guru Agama dan Pendidikan Luar Sekolah.

    Visi

    Menjadi LPTK berbasis penelitian dan keilmuan serta maju dalam layanan dan moral di tahun 2030.

    Misi

    Menghasilkan tenaga pendidik professional keilmuan yang berorientasi dunia kerja, bertanggung jawab, mandiri, dan berakhlak mulia sesuai dengan asas kepercayaan Kristen Advent

    Misi tersebut dapat dijabarkan dalam limabagian, di mana FKIP UNKLAB mendidik mahasiswa-mahasiswanya untuk:

    1. Mempertajam kompetensi dalam bidang keilmuan dan perilaku berkarya (kompetensi professional)
    2. Mengembangkan kompetensi pedagogic dan kepiawaian mengajar (kompetensi pedagogic)
    3. Menghidupkan kehidupan yang bermoral Pancasila dan berkehidupan bermasyarakat (kompetensi sosial dan kewarga-negaraan)
    4. Menjadi tenaga-tenaga yang siap pakai, termotivasi dan disiplin (kompetensi kepribadian prima)
    5. Menghayati nilai-nilai kekristenan sesuai dengan Azas Pendidikan Advent sehingga mereka dapat melayani kebutuhan pendidikan Kristen Advent dan masyarakat (kompetensi kerohanian) 

     

    Profil Program Studi

    Program Studi S-1 Pendidikan Bahasa Inggris – Akreditasi B dari BAN-PT. Lulusan bergelar S.Pd dan bekerja sebagai Guru Bahasa Inggris di sekolah Advent, negeri (PNS) dan sekolah swasta lainnya. Lulusan lainnya bekerja di kursus, hotel, travel agen, ataupun di perusahan-perusahan lainnya, selain menjadi pengusaha.

    Program Studi S-1 Pendidikan Agama – Akreditasi B dari BAN-PT. Lulusan bergelar S.Pd dan bekerja sebagai Guru Agama di sekolah Advent, negeri (PNS) dan sekolah swasta lainnya.Lulusan lainnya bekerja di departemen Agama dan ataupun di perusahan-perusahan lainnya.

    Program Studi S-1 Pendidikan Luar Sekolah dengan Konsentrasi Pendidikan Dasar 9 Tahun – Akreditasi C dari BAN-PT. Lulusan bergelar S.Pd dan bekerja sebagai Guru kelas di SD Advent, negeri (PNS) dan sekolah swasta lainnya.Lulusan lainnya bekerja di kursus, ataupun di perusahan-perusahan lainnya.

    Program Studi S-1 Pendidikan Ekonomi (Konsentrasi Akuntansi, dan Konsentrasi Administrasi Dunia Usaha) – Akreditasi C dari BAN-PT.Lulusan bergelar S.Pd dan bekerja sebagai Guru di SMK ataupun SMA Advent, negeri (PNS) dan sekolah swasta lainnya. Lulusan lainnya bekerja di kursus, ataupun di perusahan-perusahan lainnya.

    Kurikulum

    Kurikulum dari program-program studi yang ada pada Fakultas Keguruan dan Ilmu Pendidikan biasanya terbagi dalam delapan semester regular dan satu semester prasyarat.Walaupun Universitas Klabat menggunakan sistem SKS dimana mahasiswa dapat mengontrak mata kuliah sesuai dengan keinginannya, mereka dianjurkan untuk memilih mata kuliah sesuai semester mereka.Hal ini untuk memudahkan mereka, karena mata kuliah yang disusun per semester pada umumnya memiliki system prerequisite dimana ada beberapa mata kuliah yang harus dilewati dulu sebelum mata kuliah lanjutannya dapat dikontrak.

    Struktur kurikulum Fakultas Keguruan dan Ilmu Pendidikan mengikuti acuan panduan kurikulum dari Pemerintah dan disusun berdasarkan kompetensi yang diharapkan dicapai oleh setiap lulusannya.  Jumlah bobot matakuliah berkisar antara 149 – 160 SKS yang terbagi atas mata kuliah Matrikulasi (9 – 18 SKS tergantung ujian masuk), mata kuliah Jurusan (51 – 69 SKS), mata kuliah Umum (21 – 33 SKS), mata kuliah Dasar (30 – 34 SKS), mata kuliah Pilihan (4 – 6 SKS) dan matakuliah Minor (24 SKS). Ada tujuh buah minor yang dapat dipilih yaitu: Minor Agama, Bahasa Inggris, Pendidikan SD, Komputer, Sekretaris, Biologi dan Ekonomi.

    Kurikulum seluruh Program Studi di Fakultas Keguruan dan Ilmu Pendidikan Universitas Klabat direvisi setiap empat sampai enam tahun, dan melalui tahap evaluasidisahkan oleh Dewan dosen Prodi, Senat Fakultas, Komite Standar Akademis, Senat Universitas dan Komite Yayasan Universitas Klabat. Kurikulum yang terbaru disusun pada tahun 2011 dan 2013.

    Sebagai Lembaga Pendidikan Tenaga Kependidikan (LPTK) yang dibawah naungan Departement Pendidikan Gereja Masehi Advent Hari Ketujuh (Adventist Education), Fakultas Keguruan dan Ilmu Pendidikan mengeluarkan Sertifikat Pendidik Guru Advent disamping Ijazah S1 kepada tamatan S1 dari program-program studi yang ada di fakultas tersebut. Selain itu, Fakultas Keguruan dan Ilmu Pendidikan juga dapat memberikan pendidikan Keguruan bagi tamatan S1 dari program studi lainnya, dengan mengambil 24 SKS mata kuliah yang menjadi prasyarat matakuliah kependidikan (tergabung dalam mata kuliah Basic dan Major).