Fakultas Ilmu Komputer

Dosen-dosen Fakultas Ilmu Komputer

 

Fakultas Ilmu Komputer Universitas Klabat (FIK-Unklab) ini keberadaannya sangat diperlukan oleh masyarakat di Indonesia Timur, mengingat banyaknya pemekaran wilayah di daerah Indonesia Timur menjadi propinsi baru, kabupaten baru atau kotamadya baru. Kondisi ini menyebabkan daerah yang baru mekar wilayahnya ingin segera membangun, baik infrastruktur maupun sumber daya manusianya. Ini adalah peluang. FIK Unklab menyediakan tenaga terampil di bidang komputer  untuk ikut berpartispasi membangun daerah Indonesia Timur. Selain itu Indonesia Timur memiliki sumberdaya alam yang melimpah, ini salah adalah potensi yang besar untuk dikembangkan oleh lulusan dari Fakultas Ilmu Komputer Unklab.

Visi

Menjadi fakultas ilmu komputer yang unggul dan terkemuka  di Indonesia  Timur dalam penyelenggaraan Pendidikan, Penelitian dan Pengabdian Masyarakat dalam bidang penguasaan teknologi informasi dan sistem informasi yang berlandaskan keimanan yang kuat kepada Tuhan sehingga menciptakan tenaga kerja yang cerdas, kreatif, jujur, disiplin, bertanggungjawab dan takut akan Tuhan.

Misi

Mengembangkan dan meningkatkan kualitas dosen, mahasiswa maupun lulusannya dalam penelitian dasar dan aplikasinya yang mendukung pengembangan teknologi informasi  dan sistem informasi dalam meningkatkan kesejahteraan umat manusia, dengan cara melaksanakan tri darma perguruan tinggi.

Tujuan

Agar lulusan Fakultas Ilmu Komputer:

  1. Mempunyai jiwa melayani
  2. Memiliki pengetahuan dan ketrampilan dalam bidang teknologi komputer
  3. Mampu bekerjasama dengan dalam sebuah tim kerja
  4. Mempunyai jiwa wirausaha dan bekerja mandiri
  5. Dapat menyesuaikan diri dengan perkembangan teknologi komputer
  6. Mempunyai perilaku disiplin, jujur, bertanggungjawab dan integritas iman yang kuat.

Program Studi Sistem Informasi

Program studi Sistem Informasi di Fakultas Ilmu Komputer Universitas Klabat berdiri sejak tahun 1999 pertama kali program studi ini bernama Ilmu Komputer, kemudian berubah menjadi Sistem Informasi. Pada tahun 2010 program studi ini sudah mendapatkan akreditasi dari Badan Akreditasi Nasional (BAN) dengan nomor 021/BAN-PT/Ak-XIII/S1/X/2010.

Lulusan program studi Sistem Informasi akan menjadi seorang ahli dibidang Sistem Informasi, dimana mereka ini akan membuat aplikasi-aplikasi yang bermanfaat bagi manusia disegala bidang, seperti perkantoran, institusi, perhotelan, perdagangan dll. Sebuah sistem yang sebelumnya dikerjakan manual, oleh seorang ahli Sistem Informasi akan menjadi mudah, sederhana dan otomatis dengan bantuan komputer

Untuk menyelesaikan program studi ini sesuai dengan kurikululm tahun 2008-2013 mahasiswa dituntut untuk menempuh sejumlah mata kuliah dengan bobot satuan kredit semester  total 154 SKS, yang bisa diselesaikan dalam waktu empat tahun.

Program Studi Teknik Informatika

Program Studi Teknik Informatika Universitas Klabat dibuka untuk memenuhi kebutuhan pasar akan tenaga ahli dibidang informatika. Seorang ahli informatika (Ilmu Komputer) harus mempunyai dasar algoritma dan logika yang kuat karena ia akan merancang suatu prosedur baru, modul baru ataupun algoritma baru. Hasil rancangan dan temuan baru ini digunakan oleh tenaga ahli dari Sistem Informasi untuk dibuatkan aplikasinya, sehingga temuan tersebut bisa mempermudah dan melengkapi fasilitas kehidupan manusia.

Program studi ini didirikan pada tahun 2005 pengembangan dari program studi Sistem Informasi yang sudah dulu ada. Untuk menyelesaikan program studi ini mahasiswa harus menyelesaikan dalam sks sebanyak 156 SKS