Fakultas Filsafat

Dosen-dosen Fakultas Ilmu Filsafat

Latar Belakang

Sebagai bagian dari Universitas Klabat, Fakultas Filsafat menerima tanggung jawab memenuhi kebutuhan akademis bidang agama di insitusi ini. Fakultas Filsafat membuka program studi Filsafat Agama Kristen Advent dengan gelar Sarjana Agama bagi pria dan wanita yang menghendaki suatu pendidikan tinggi untuk mempersiapkan diri bagi pengabdian kepada Tuhan dan masyarakat. Mahasiswa dapat memilih program Filsafat teologi dengan menyelesaikan 145-150 sks mata kuliah Fakultas Filsafat sesuai kurikulumnya atau program minor dengan menyelesaikan 128 sks dari kurikulum fakultas Filsafat plus 24-38 sks minor pada fakultas pilihannya. Matakuliah-matakuliah pada program studi yang diselengarahkan oleh Fakultas Filsafat ini disusun untuk memperkuat komitmen mahasiswa kepada Yesus Kristus dan keterlibatan pribadi mereka pada misi Gereja Masehi Advent Hari Ketujuh. Selain menyediakan 12-16 sks mata kuliah agama kepada semua mahasiswa Universitas Klabat, Fakultas Filsafat menawarkan juga program minor kepada fakultas lain yang bernaung di bawah lingkungan Universitas Klabat.

Tujuan Misi (Mission Statement)

Fakultas Filsafat bertujuan menghasilkan tamatan-tamatan yang memiliki hubungan pribadi yang akrab dengan Yesus Kristus dan aktif melaksanakan Amanat AgungNya. Diyakini bahwa apabilah tujuan ini tercapai maka para tamatan akan mampu menjadi pendeta, pegawai gereja, pemimpin masyarakat, atau panutan yang bertanggung jawab, jujur, etis, dan berdayaguna memenuhi kebutuhan gereja dan masyarakat. Karenanya, upaya penyediaan mata kuliah dan pelaksanaan kegiatan belajar mengajar pada fakultas diarahkan sepenuhnya untuk memacu para mahasiswa mencapai tujuan ini.

Tujuan- tujuan (Goals)

Dewan dosen Fakultas Universitas Klabat mengemban tujuan – tujuan sebagai berikut:

  1. Memasukkan prinsip-prinsip Alkitab di dalam setiap mata kuliah yang di ajarkan untuk memacu iman di dalam Yesus Kristus.
  2. Melalui ajaran dan teladan, memacu para mahasiswa secara aktif mengakrabkan orang lain kepada Yesus Kristus atas dasar keyakinan karena aktivitas ini adalah tugas utama yang dikehendaki Yesus untuk diamalkan oleh setiap pengikutNya dalam rangka melaksanakan amanat AgungNya. (Matius 4:19); (Matius 28:18-120).
  3. Mendorong perkembangan nilai-nilai kekristenan yang sejati di dalam diri para mahasiswa guna menjadi dasar keputusan-keputusan moral sebagai pengikut-pengikut Kristus.
  4. Memperkenalkan dan menekankan ajaran-ajaran, sejarah, dan misi global Gereja Masehi Advent Hari Ketujuh.

Persyaratan Penerimaan (Program Requirement)

Fakultas Filsafat menerima pria dan wanita yang menunjukan kematangan, ketertarikan, dan kecerdasan untuk mempelajari filsafat / teologi agama. Mereka yang ingin mendaftar di fakultas ini tidak harus menjadi anggota Gereja Masehi Advent Hari Ketujuh namun harus menyokong misi, tujuan-tujuan, dan nilai-nilai Gereja Masehi Advent Hari Ketujuh. Seseorang yang berencana mendapatkan gelar Sarjana Agama dari Fakultas Filsafat Universitas Klabat, selain memenuhi syarat-syarat penerimaan mahasiswa Universitas Klabat, harus juga:

  1. Lulus tes masuk khusus calon mahasiswa Fakultas Filsafat.
  2. Membawa surat pernyataan dari Pendeta atau Ketua Jemaat asal
  3. Mengisi formulir khusus ketika pendaftaran memasuki semester ketiga; mahasiswa pindahan dari fakultas lain akan mengisi formulir yang sama setelah dua semester berada di fakultas ini, dan akan dievaluasi oleh komite fakultas.
  4. Memenuhi kriteria untuk dapat diterima pada pendaftaran semester ketiga antara lain:
  1. Sekurang-kurangnya satu dari dua semester pertama mencapai akumulatif GPA 2.3
  2. Telah melaporkan kepada dosen pembimbing kegiatan pelayanan sosial dan kerohanian yang dilaksanakan dua jam tiap minggu, diluar kegiatan ibadah resmi
  3. Telah membuktikan kehidupan moral, tingkah laku, sikap, dan tutur kata yang sepadan dengan konteks mahasiswa Fakultas Filsafat.
  4. Telah menunjukan secara aktif bakat-bakat kepemimpinan.
  5. Memiliki ketrampilan sosial dan kesungguh-sungguhan dalam keyakinan dan profesi yang telah ditunjukan.

Setelah diterima secara resmi pada Fakultas Filsafat, ternyata kemudian mahasiswa gagal mempertahankan kriteria seperti yang tercantum diatas, secara otomatis mahasiswa tersebut gugur dari fakultas dan dianjurkan memilih program pendidikan yang lebih tepat baginya.

Syarat untuk Ditamatkan

Mahasiswa dapat ditamatkan dan berhak menerima gelar Sarjana Agama dari Fakultas Filsafat Universitas Klabat, setelah memenuhi persyaratan berikut ini:

  1. Program Major dan Minor
  1. Major Teologi:

Mahasiswa yang mengambil program major teologi telah menyelesaikan 145 - 150 SKS sebagaimana yang dituntut dalam kurikulum.

  1. Program Minor:

Mahasiswa yang mengambil program minor, telah menyelesaikan 128 SKS matakuliah Filsafat plus 24-38 SKS matakuliah pilihan.

  1. Mencapai akumulatif GPA (angka rata-rata) 2.3
  2. Telah mengikuti program praktikum matakuliah Christian Salesmanship, minimum 350 jam dengan jumlah penjualan minimum Rp. 3.000.000,- Mahasiswa yang bersangkutan harus membawa surat keterangan dari daerah misi/konfrens tempat kegiatan itu sebagai bukti bahwa ia telah memenuhi tuntutan tersebut.
  3. Telah melaksanakan program pengabdian pada masyarakat. Pelaksanaan kegiatan tersebut harus disampaikan kepada Dekan dan Wakil Rektor III (Bidang Kemahasiswaan) dalam bentuk laporan tertulis.