Fakultas Ekonomi

Dosen-dosen Fakultas Ekonomi

Link kuesioner pemahaman visi misi

aip2016

 

Latar Belakang

Sebagai bagian dari Lembaga Pendidikan Tinggi yang dikelola oleh gereja Masehi Advent Hari Ketujuh, maka Fakultas Ekonomi telah dirintis sejak tahun 1970 dengan nama Junior College of Business Administration program dua tahun jurusan Akuntansi.  Seiring dengan perkembangan pendidikan di Indonesia maka pada tahun 1974 program dua tahun dikembangkan menjadi program empat tahun dengan gelar Sarjana Muda (BA).  Pada tahun 1978 Fakultas Ekonomi mengembangkan diri dengan menambah program studi Manajemen Perusahaan dengan gelar Sarjana Muda (BA).

Pada tahun 1980 ketika Sekolah Tinggi Klabat (STK) disahkan menjadi status Universitas dengan nama UNIVERSITAS KLABAT (UNKLAB), maka Junior College of Business Administration diganti dengan nama Fakultas Ekonomi.

Pada tanggal 23 Oktober 1998, melalui Surat Keputusan Direktur Jenderal Pendidikan Tinggi Nomor:  380/DIKTI/KEP/1998, Program Strata Satu (S1) jurusan Akuntansi dan Manajemen Perusahaan memperoleh status DIAKUI.

Pada tanggal 8 Juli 2011, melalui Surat Keputusan Badan Akreditasi Nasional Perguruan Tinggi Nomor:  010/BAN-PT/Ak-XIV/VII/2011 telah dinyatakan bahwa:  Program Studi Sarjana Akuntansi di Universitas Klabat Manado, terakreditasi dengan peringkat Akreditasi B (Baik).  Pada tahun yang sama, tanggal 29 September 2011, melalui surat keputusan Nomor:  027/BAN-PT/Ak-XIV/IX/2011  telah dinyatakan bahwa:  Program Studi Sarjana Manajemen di Universitas Klabat Manado, terakreditasi dengan peringkat Akreditasi B (Baik).

Saat ini Fakultas Ekonomi menawarkan program-program sebagai berikut:

  1. Program Strata Satu (S1) – Jurusan Manajemen:
  • Modul :  Manajemen Pemasaran
  • Modul :  Akuntansi
  • Modul :  Teknologi Informasi
  • Modul :  Kewirausahaan
  1. Program Strata Satu (S1) – Jurusan Akuntansi
  • Program Regular
  • International Program
  • Konsetrasi Keuangan (Finance)

Visi

Menjadi fakultas swasta yang memperoleh pengakuan secara nasional dan internasional yang dapat memberikan pendidikan dan pengajaran bermutu, berdisiplin yang dilandasi oleh proses perkembangan yang serasi antara intelektual, spiritual, fisik dan sosial demi kemajuan bangsa dan masyarakat.

Misi

  1. Mendidik dan menyiapkan sumber daya manusia yang sanggup mengembangkan kemampuan dalam bisnis, manajemen, dan akuntansi yang sesuai dengan nilai-nilai kekristenan yang benar seta memiliki pelayanan yang berdedikasi tinggi dan tidak mementingkan diri sendiri serta memiliki perhatian bagi peningkatan kesejahteraan masyarakat.
  2. Meningkatkan daya saing dengan mengembangkan sistem penjaminan mutu pendidikan yang terstruktur dan berkesinambungan dengan mengarahkan dan meningkatkan program penelitian untuk kemajuan ilmu pengetahuan yang dapat dimanfaatkan oleh masyarakat dengan memperhatikan ketersediaan sumber daya, serta memanfaatkan teknologi komunikasi dan informasi yang mutakhir.
  3. Melaksanakan pengabdian kepada masyarakat sebagai perwujudan dan pengamalan ilmu pengetahuan dan/atau teknologi untuk ikut serta memenuhi kebutuhan masyarakat secara langsung atas dasar tanggung jawab sosial.

Tujuan

Berdasarkan pada rencana jangka panjang, maka Fakultas Ekonomi memiliki tujuan sebagai berikut:

  1. Menghasilkan lulusan yang mampu bersaing secara nasional maupun internasional, dengan terus meningkatkan kualitas pembelajaran dengan memadukan berbagai disiplin ilmu yang saling terkait dan berwawasan global.
  2. Menghasilkan sumber daya manusia yang memiliki iman dan bertaqwa kepada Tuhan Yang Maha Esa dengan standar ilmiah dan etika tinggi dalam pembangunan masyarakat pengetahuan dan pembelajaran.
  3. Menghasilkan sumber daya manusia yang dapat mengembangkan ketrampilan berbisnis melalui berbagai usaha dan penelitian agar dapat menciptakan lapangan kerja dan/atau bekerja pada lapangan pekerjaan yang sesuai dengan ketrampilan yang dimillikinya.
  4. Menghasilkan sumber daya manusia yang memiliki landasan akademik yang diperlukan untuk melanjutkan ke jenjang pendidikan yang lebih tinggi (S-2 dan S-3).

Tujuan Umum

  1. Meningkatkan daya saing produk pendidikan dengan mengembangkan sistem penjaminan mutu pendidikan tinggi yang terstruktur, dan berkesinambungan.
  2. Mengembangkan kehidupan akademik yang dilandasi nilai-nilai budaya bangsa dan perkembangan serasi antara intelektual, spiritual, fisik dan sosial.
  3. Berpartisipasi aktif dalam menyiapkan sumber daya manusia yang berakhlak mulia dengan standar ilmiah dan etika tinggi dalam pembangunan masyarakat pengetahuan dan masyarakat pembelanjaran.
  4. Menghasilkan lulusan yang siap pakai, bermutu, berdisiplin, professional dan berdedikasi tinggi.
  5. Manusia yang mampu memelihara dan mengembangkan demokrasi serta menjunjung tinggi hak-hak azasi manusia dan kewajiban sebagai warga negara Indonesia.

Tujuan Khusus

  1. Mengembangkan dan mengimplementasikan kurikulum berbasis kompetensi yang didasarkan pada nilai-nilai moral dan akademik.
  2. Melaksanakan dan mengembangkan proses pembelanjaran yang inovatif dan kondusif serta mendorong terwujudnya interaksi akademik yang bertanggung jawab, santun dan bermoral.
  3. Mengembangkan ilmu pengetahuan, teknologi, dan seni yang didasarkan pada rasa tanggung jawab keilmuan yang tinggi serta dilandasi iman dan taqwa kepada Tuhan Yang Maha Esa.
  4. Mendorong mahasiswa untuk selalu pro-aktif dalam kegiatan akademik melalui proses belajar-mengajar interaktif, inovatif, dinamis, dan mampu menjadi pembelajar sepanjang hayat dalam upaya meningkatkan kompetensi dan pengkayaan wawasan.

 

Program Studi Akuntansi

Visi

Menjadi penyelenggara pendidikan dibidang akuntansi yang bermutu, berdisiplin, professional yang dilandasi oleh proses perkembangan yang serasi antara intelektual, spiritual, fisik dan social yang mampu menghasilkan lulussan akuntansi yang siap bersaing di era globalisasi.

Misi

  1. Bertekad unutk mencapai keunggulan mutu di bidang pendidikan akuntasi dan berusaha menciptakan lingkungan yang nyaman dan aman bagi mahasiswa untuk dapat mengembangakan tabiat mulia untuk kekekalan, memperoleh nilai-nilai, pengetahua dan keterampilan yang dibutuhkan untuk dan bertanggungjawab.
  2. Menyelenggarakan pendidikan akuntansi yang menekankan pada penelitian untuk dapat memberikan konstribusi pada pengembangan dan aplikasi ilmu akuntansi.
  3. Menyelenggarakan pengabdian kepada masyarakat melalui program pengembangan perekonomian masyarakat sekitar dan menjadi mitra bagi sector industry ditingkat local maupun nasional.

Tujuan Umum

  • Meningkatkan daya saing produk pendidikan  dengan mengembangkan system penjaminan mutu pendidikan tinggi yang terstruktur, dan berkesinambungan.
  • Mengembangkan kehidupan akademik yang dilandasi nilai-nilai budaya bangsa dan perkembangan serasi antara intelektual, spiritual, fisik dan social.
  • Berpartisipasi aktif dalam menyiapkan sumber daya manusia yang berakhlak mulia dengan standar ilmiah dan etika tinggi dalam pembangunan masyarakat pembelajaran.
  • Menghasilkan lulusan yang siap pakai, bermutu, berdisiplin, professional dan berdedikasi tinggi.

Tujuan Khusus

  • Mengembangkan dan mengimplementasikan kurikulum berbasis kompetensi yang didasarkan pada nilai-nilai moral dan akademik.
  • Melaksanakan dan mengembangkan proses pembelajaran yang inovatif dan kondusif serta mendorong terwujudnya interaksi akademik yang bertanggungjawab, santun dan bermoral.
  • Mengembangkan ilmu pengetahuan yang didasarkan pada rasa tanggungjawab keilmuan yang tinggi serta dilandasi iman dan taqwa kepada Tuhan Yang Maha Esa.
  • Mondorong mahasiswa untuk selalu pro-aktif dalam kegiatan akademik melalui proses belajar-mengajar interaktif, inovatif, dinamis, dan mampu menjadi pembelajar sepanjang hayat dalam upaya meningkatkan kompetensi dan pengkayaan wawasan

 

Program Studi Manajemen

Visi

Menjadi jurusan Manajemen yang bermutu, berdisiplin, dalam pendidikan, penelitian, dan pengembangan yang dilandasi oleh proses perkembangan yang serasi antara intelektual, spriritual, fisik dan social yang mampu menghasilkan lulusan Manajemen yang siap bersaing di era globalisasi.

Misi

  1. Menciptakan lingkungan yang nyaman dan aman bagi mahasiswa untuk dapat mengembangkan tabiat mulia, memperoleh nilai-nilai, pengetahuan dan ketrampilan yang dibutuhkan untuk kepemimpinan, yang memiliki komitmen pengembangan ilmu, menjadi warga Negara yang bertanggungjawab utnuk pelayanan yang tidak mementingkan diri.
  2. Menyelenggarakan pendidikan dibidang managemen yang menekankan pada penelitian utnuk dapat memberikan kontribusi pada pengembangan dan aplikasi ilmu, khususnya ilmu dibidang Manajemen.
  3. Melaksanakan pengabdian kepada masyarakat melalui program pengembangan perekonomian masyarakat sekitar, pemerintah, industri, dan menjadi mitra bagi sektor industry khususnya untuk bidang manajemen.

Tujuan Umum

  • Mempersiapkan mahasiswa melalui pendidikan yang mengembangkan system penjaminan mutu pendidikan tinggi yang terstruktur, dan berkesinambungan.
  • Mengembangan kehidupan akademik yang dilandasi nilai-nilai budaya bangsa dan perkembangan serasi antara intelektual, spiritual, fisik dan social.
  • Berpartisipasi aktif dalam menyiapkan sumber daya manusia yang berakhlak mulia dengan standar ilmiah dan etika tinggi dalam pembangunan masyarakat pengetahuan dan masyarakat pembelajaran.
  • Menghasilkan lulusan yang bermutu, berdisiplin, professional dan berintegritas.

Tujuan Khusus

  • Menyiapkan dan mengembangkan kurikulum berbasis kompetensi yang didasarkan pada nilai-nilai moral dan akademik.
  • Melaksanakan proses pembelajaran yang inovatif dan kondusif serta mendorong terwujudnya interaksi akademik yang bertanggungjawab, santun dan bermoral.
  • Mendidik mahasiswa agar memiliki ilmu pengetahuan yang mendalam didasarkan pada rasa tanggungjawab, dan mampu menjadi pembelajaran sepanjang hayat dalam upaya meningkatkan kompetensi dan mampu mengembangkan diri sebagai pemimpin yang sukses yang tidak mementingkan diri.

Penerimaan Mahasiswa

Menerima semua tamatan SMU dan sederajat dari berbagai daerah dan golongan tanpa diskriminasi setelah melewati ujian masuk.  Bagi mereka yang lulus ujian masuk selanjutnya akan dievaluasi apakah masih harus mengambil mata kuliah prasyarat atau tidak.

Bagi mahasiswa yang bermaksud mengambil jurusan akuntansi akan dievaluasi pencapaian nilai untuk mata kuliah Principles of Accounting I dan Principles of Accounting II.  Jika nilai rata-rata belum mencapai B- maka diharuskan untuk mengulang mata kuliah tersebut sampai mencapai minimum standard dimaksud.  Jika tetap tidak tercapai akan dianjurkan untuk pindah jurusan.

Persyaratan lain disesuaikan dengan ketentuan-ketentuan yang berlaku di Universitas Klabat.

Kurikulum

Dalam rangka menghadapi era globalisasi, maka Kurikulum Fakultas Ekonomi disusun untuk dapat memenuhi kebutuhan pasar kerja yang disesuaikan dengan dua surat keputusan Menteri Pendidikan Nasional yang mengatur pengembangan kurikulum, yaitu SK Mendiknas nomor 0232/U/2000 tentang Pedoman Penyusunan Kurikulum Pendidikan Tinggi dan Penilaian Hasil Belajar Mahasiswa, dan SK Mendiknas nomor 045/U/2002 tentang Kurikulum Inti Pendidikan Tinggi.  Kedua surat keputusan Mendiknas tersebut memberikan arah yang jelas dan relevan dengan kebutuhan dunia usaha.  Dengan penerapan kurikulum ini lulusan ditekankan kepada penerapan ilmu pengetahuan sesuai dengan bidang keahliannya, dan menguasai dasar-dasar ilmiah dalam mengikuti perkembangan  ilmu pengetahuan, teknologi, dan/atau seni.

Untuk mencapai hasil yang maksimal sesuai dengan tujuan Fakultas Ekonomi dan Universitas Klabat pada umumnya dan merujuk pada keputusan Menteri Pendidikan Nasional tersebut maka kurikulum Fakultas Ekonomi diwujudkan dalam mekanisme proses pembelajaran yang mendorong mahasiswa untuk aktif dalam mengembangkan ilmu pengetahuan dan ketrampilannya, serta pembentukan kepribadiannya secara mandiri.

Secara hirarki mata kuliah yang ditawarkan dapat diklasifikasikan sebagai berikut:

  1. Mata kuliah prasyarat, yaitu mata kuliah non-kredit yang diajarkan dengan tujuan memantapkan pengetahuan dasar untuk dapat mengikuti mata kuliah lanjutan tanpa hambatan.  Mata kuliah prasyarat mencakup pengetahuan Matematika Bisnis, Bahasa Inggris, dan Ketrampilan Mengetik.
  2. Kelompok Mata Kuliah Pengembangan Kepribadian (MPK), adalah kelompok bahan kajian dan pelajaran yang ditujukan terutama untuk menggembangkan manusia Indonesia yang beriman dan bertaqwa kepada Tuhan Yang Maha Esa, berbudi pekerti luhur, berkepribadian mantap, dan mandiri serta mempunyai rasa tanggung jawab kemasyarakatan dan kebangsaan.
  3. Kelompok Mata Kuliah Keilmuan dan Ketrampilan (MKK), adalah kelompok bahan kajian dan pelajaran yang ditujukan terutama untuk memberikan landasan penguasaan ilmu dan ketrampilan tertentu. (know how and know why)
  4. Kelompok Mata Kuliah Keahlian Berkarya (MKB), adalah kelompok bahan kajian dan pelajaran yang bertujuan menghasilkan tenaga ahli dengan kekaryaan berdasarkan dasar ilmu dan ketrampilan yang dikuasai. (know to do)
  5. Kelompok Mata Kuliah Perilaku Berkarya (MPB), adalah kelompok bahan kajian dan pelajaran yang bertujuan untuk membentuk sikap dan perilaku yang diperlukan seseorang dalam berkarya menurut tingkat keahlian berdasarkan dasar ilmu dan ketrampilan yang dikuasai. (to be)
  6. Kelompok Mata Kuliah Berkehidupan bermasyarakat (MBB), adalah kelompok bahan kajian dan pelajaran yang diperlukan seseorang untuk dapat memahami kaidah kehidupan bermasyarakat sesuai dengan pilihan keahlian dalam berkarya. (to live together)