Akademi Sekretari Manajemen Indonesia (ASMI) Klabat

Dosen-dosen ASMI Klabat

Sejarah

Sejarah berdirinya ASMI Klabat, tidak dapat dipisahkan dengan berdirinya Universitas Klabat. Pada tahun 1965 Universitas Klabat (UNKLAB) berdiri dengan nama mula-mula, adalah Perguruan Tinggi Klabat (PTK) dengan 2 jurusan, yaitu jurusan Pendidikan Guru Sekolah Dasar dan Jurusan Kependetaan program 2 tahun (Junior College); bertujuan menyiapkan guru-guru dan pendeta-pendeta yang akan digunakan untuk memenuhi kebutuhan guru dan pendeta khususnya di Gereja Masehi Advent Hari Ketujuh di wilayah Indonesia Kawasan Timur.

Tahun 1970 status Perguruan Tinggi Klabat (PTK) berobah menjadi Sekolah Tinggi Klabat (STK) dengan program 4 tahun (BA) untuk Jurusan Pendidikan dan Kependetaan. Dan dalam waktu yang sama dibuka program 2 tahun untuk jurusan Business Administration dan Program Sekretaris dan Manajemen Perkantoran Diploma II. Dan program inilah yang menjadi asal mula program Sekretaris yang kemudian menjadi ASMI Klabat Diploma II.

Tahun 1982, Sekolah Tinggi Klabat (STK) meningkat status menjadi Universitas Klabat, dan program Sekretari D-II, ditingkatkan menjadi program D-IV, di bawah Fakultas Ekonomi Universitas Klabat. D-IV di bawah Fakultas Ekonomi ini, disesuaikan dengan Struktur Pendidikan Gereja Masehi Advent Sedunia.

ASMI Klabat dipantau dan dievaluasi oleh Bagian Pendidikan Tinggi Departemen Pendidikan Gereja MAHK Sedunia dan di bawah Badan Akreditas AAA (Accrediting Association of Seventh-day Adventist Schools, Colleges and Universities, General Conference of Seventh-day Adventist) Badan Akreditasi Gereja Masehi Advent Hari Ketujuh Sedunia, yang berpusat di Maryland Amerika Serikat.

Tahun 1999 sesuai struktur Depdiknas, maka program Sekretari ini berobah menjadi Akademi Sekretari Klabat (ASK). Mulai saat itu program D-IV sekretaris yang disetujui Departemen Pendidikan Advent Sedunia itu, ditutup. Tahun 2004 , nama ASK, berobah lagi menjadi Akademi Sekretari Manajemen Indonesia Klabat (ASMI Klabat), dengan izin operasi DIKTI No. 3365/D/T/2004, tertangal 25 Agustus 2004. Pada tahun 2010, ASMI Klabat mendapat perpanjangan izin operasional dengan No. 10325/009/KL/2010. Dan pada tahun 2011, ASMI Klabat telah mendapatkan status Akreditas BAN-PT dengan SK No: 007/BAN-PT/Ak-XI/Dpl-III/VII/2011, tanggal 21 Juli, dengan peringkat C dan akan daluwarsa pada tanggal 21 Juli 2016.

Visi dan Misi

Visi:

Menghasilkan Sekretari yang professional dan berakhlak mulia dibidang kesekretariatan yang berwawasan teknologi informasi  dan memberikan pendidikan dan pengajaran bermutu, berdisiplin, profesional yang dilandasi pada suatu proses perkembangan yang serasi yakni intelektual, spiritual, fisik, dan sosial.

Misi

Misi ASMI Klabat pada tahun 2015-2018 adalah sebagai berikut:

  1. Melaksanakan peningkatan mutu melalui Tridharma Perguruan Tinggi
  2. Meningkatkan mutu pembelakaran yang efektif dan berdaya saing
  3. Menghasilkan sumberdaya manusia yang kompeten dibidang kesekretariatan dan menguasai teknologi informasi
  4. Menghasilkan sumberdaya manusia yang memiliki kecerdasan spiritual, kecerdasan emosional, dan kecerdasan sosial
  5. Menghasilkan lulusan yang memiliki integritas yang tinggi dan mengedepankan etika dan moral serta memiliki jiwa kreatif dan inovatif dalam berbagai bidang khususnya kesekretariatan
  6. Meningkatkan kerjasama, kepercayaan dan kemitraan dari berbagai sector tingkat nasional

Tujuan dan Sasaran:

Sesuai dengan perannya maka ASMI Klabat mempunyai tujuan-tujuan umum sebagai berikut:

  1. Merealisasikan dasar pendidikan Advent yang mencakup pengembangan fisik, mental, spiritual dan sosial secara berimbang, serta mewujudkan Tri Dharma Perguruan Tinggi melalui kebebasan akademik yang bebas dan bertanggung jawab.
  2. Menyiapkan Sumber Daya Manusia yang memiliki iman dan bertaqwa kepada Tuhan Yang Maha Esa dengan standar ilmiah dan etika tinggi dalam pembangunan masyarakat pengetahuan dan pembelajaran.
  3. Memotivasi dan fasilitasi keinginan yang kuat untuk mengadakan penelitian bagi pengembangan ilmu pengetahuan dan teknologi khususnya kesekretariatan.
  4. Memberikan kesempatan kepada masyarakat untuk mengembangkan kemampuan di bidang Kesekretariatan.
  5. Membimbing pembentukan tabiat yang ditandai oleh kejujuran, disiplin, bertanggung jawab, dan setia kepada Allah, bangsa dan sesama.
  6. Mengembangkan kesanggupan berpikir yang kritis, kreatif, inovatif dan menghargai pendapat  orang lain.
  7. Menyiapkan landasan Akademik yang diperlukan untuk melanjutkan ke jenjang pendidikan yang lebih tinggi

Berdasarkan hasil analisis maka ditetapkan strategi yang harus ditempuh untuk pengembangan selama empat tahun kedepan. Strategi ini menjadi tujuan pengembangan selama periode 2015-2018. Adapun tujuan pengembangan yang akan dicapai adalah:

  1. Memaksimalkan status akreditas program studi
  2. Pengembangan sarana dan prasarana untuk pendidikan
  3. Merangsang pertumbuhan jumlah penelitian dosen
  4. Meningkatkan jumlah kerjasama dengan organisasi lain
  5. Pengembangan kualitas dan profesionalisme staff pendukung dalam menunjang kegiatan akademik.
  6. Meningkatkan jumlah mahasiswa
  7. Meningkatkan kualitas akademik dosen
  8. Meningkatkan profesionalisme dosen
  9. Membangun jaringan alumni
  10. Pemutakhiran dan pengembangan kurikulum
  11. Meningkatkan kualitas dan kompetensi lulusan
  12. Mendukung dan meningkatkan program penggunaan dual-bahasa/ bilingual (Indonesia-English) di ASMI Klabat
  13. Mendukung peningkatan mutu melalui program dari Lembaga Penjaminan Mutu Internal (LPMI) Yayasan
  14. Mendorong kegiatan spiritual menjadi lebih aktif
  15. Meningkatkan kegiatan pengabdian kepada masyarakat
  16. Meningkatkan kinerja lembaga bimbingan dan konseling

Program Studi

ASMI Klabat mempunyai program studi sekretari D-III yang dapat diselesaikan dalam waktu 3 tahun dengan total 117 SKS.

Selama kurun waktu 42 tahun ASMI Klabat telah menghasilkan lulusan yang telah mendapatkan pekerjaan di perusahaan swasta, asing dan pemerintah di kota-kota di Indonesia dan juga di luar negeri.

Untuk praktek kerja sebelum ditamatkan, mahasiswa ASMI Klabat diberi kesempatan untuk magang (praktek kerja) di perusahaan-perusahaan di Manado, Balikpapan, Makassar dan Surabaya.

Untuk mendukung kelancaran perkuliahan ASMI Klabat mempersiapkan fasilitas-fasilitas untuk mahasiswa sebagai berikut: asrama, kafetaria, laboratorium bahasa, laboratorium computer, perpustakaan, tempat olahraga, paduan suara.