Universitas Klabat Terakreditasi Nasional Dan Internasional

AkreditasiAAA

Nilai Akreditasi yang dikeluarkan Badan Akreditasi Nasional Perguruan Tinggi (BAN-PT) merupakan suatu bukti pencapaian dari institusi maupun program studi. Tujuh aspek yang dinilai oleh BAN-PT adalah Rencangan Pengembangan, Sistem Pengelolaan, Mahasiswa dan Lulusan, Sumber Daya Manusia, Kurikulum, Sarana dan Prasarana, dan Penelitian, Pengabdian serta Kerjasama Nasional dan Internasional. Pembukaan universitas baru otomatis mendapatkan akreditasi terendah yaitu C, tetapi dalam beberapa tahun kemudian universitas dapat mengajukan peningkatan nilai akreditasi dengan memenuhi tujuh aspek yang dinilai. Setelah pengajuan maka BAN-PT akan melakukan verifikasi dan kemudian memberikan nilai berdasarkan hasil verifikasi apakah masih tetap C atau sudah meningkat pada nilai diatasnya. Berdasarkan data dari situs pangkalan data DIKTI (forlap.dikti.go.id, 2017) terdapat 4507 perguruan tinggi. Data dari Badan Akreditasi Nasional Perguruan Tinggi (BAN-PT) menunjukan jumlah perguruan tinggi yang telah terakreditasi adalah 1129 institusi perguruan tinggi seluruh Indonesia dengan perolehan nilai: A = 4% (50 institusi terdiri dari PTN, PTS, PTKL, PTAS, dan PTAN) , B = 31% (345), C = 65% (734). Berarti masih masih ada 3378 perguruan tinggi yang belum terakreditasi. Lebih spesifik di kopertis wilayah IX (Sulawesi) terdapat 143 institusi perguruan tinggi yang telah terakreditasi dengan perolehan nilai:  0.06% A (1 institusi), 23.70% (34) B, dan 75.50% (108) C. Di kopertis wilayah IX terdapat 363 institusi perguruan tinggi berarti masih ada 220 institusi perguruan tinggi yang belum terakreditasi.     

Nilai akreditasi yang dikeluarkan oleh BAN-PT ini digunakan oleh perusahan termasuk BUMN dan institusi pemerintah dalam memilih tenaga kerja. Beberapa perusahaan-perusahaan terkemuka dan BUMN telah mensyaratkan minimal akreditasi institusi B sebagai syarat masuk untuk bekerja.

akreditasiBANPT

Universitas Klabat (UNKLAB) yang berdiri sejak 1965 terletak di Airmadidi  yang merupakan Ibu Kota Kabupaten Minahasa Utara di Provinsi Sulawesi Utara telah terakreditasi oleh BAN-PT (secara nasional) dan AAA (secara international) yang berkedudukan di Amerika Serikat. BAN-PT pada tahun 2016 memberikan nilai “B” secara institusi kepada UNKLAB dan AAA telah memberikan nilai “Tertinggi” yaitu 5 tahun akreditasi tanpa visitasi bagi UNKLAB. BAN-PT juga telah memberikan nilai “A” dan “B” untuk mayoritas program studi yang ada di UNKLAB.   

Berdasarkan dua capaian terbaik ini dan diperkuat oleh pernyataan dari Koordinator Kopertis Wilayah IX yang menyatakan bahwa UNKLAB adalah “universitas swasta terbaik di Sulawesi”. Selain itu Ketua Badan Standar Nasional Pendidikan (BSNP) mengatakan bahwa UNKLAB merupakan “American Style Campus”. Inilah yang menjadi jaminan kualitas lulusan UNKLAB sehingga dapat dipastikan bahwa lulusan UNKLAB sudah memenuhi kriteria yang dibutuhkan pasar dan dapat bersaing dengan lulusan dari dalam negeri maupun luar negeri. (SL).