UNIQ goes to Finland

Sejak dibentuk pada awal tahun 2019 ini, Inkubator Bisnis Teknologi (IBT) UNIQ Universitas Klabat telah menyelenggarakan dan mengikuti berbagai kegiatan baik di dalam maupun di luar negeri.

Menurut Ir. Edson Yahuda Putra, M.Kom., selaku Ketua program IBT-UNIQ, dan dosen di Fakultas Ilmu Komputer (FIK), kegiatan-kegiatan tersebut antara lain Focus Group Discussion (FGD), Business Matching, serta audiensi dengan pemerintah, di tingkat Provinsi dan Kabupaten.

Dan belum lama ini UNIQ mendapat kesempatan untuk mengunjungi negara Finlandia guna mengikuti program Internship Training Incubator (ITI) di ibu kota Finlandia, Helsinki dan kota Jyvaskyla.

Kegiatan ITI ini berlangsung selama enam hari (20-26 Oktober 2019) dimana peserta melakukan praktek Startup Teknologi Bisnis Inkubator dan mengunjungi Science Technopark di Finlandia.

Selama berada di Finlandia, Bp. Edson berkesempatan untuk memperkenalkan tenant-tenant dibawah bimbingan UNIQ, seperti Batibo - penjualan sayuran di Manado, MYLYX - Software Development, Kawanua 360 - Promo Hotel, Quarstorm - Jual Beli Online, Big Dade - Game Development.

Salah satu produk yang mendapat banyak perhatian adalah game on-line “Manguni Squad” ciptaan Big Dade. Hal ini dilihat dari apresiasi yang tinggi diberikan oleh KIELO Factory, Finlandia kepada game on-line tersebut. Menurut Bp. Marco Sorri, selaku Advisor KIELO Factory, konsep game on-line Manguni Squad sangat menarik dan berencana untuk menjalin komunikasi lebih lanjut dengan UNIQ.

Kegiatan ITI di Finlandia difasilitasi oleh Direktorat Kawasan Sains Teknologi dan Lembaga Penunjang lainnya Kementrian RISTEK DIKTI RI. Rombongan IBT Indonesia terdiri dari 20 Inkubator yang mewakili Perguruan Tinggi Negeri dan Swasta se-Indonesia.

Sebelum meninggalkan Finlandia, telah ditandatangani kerjasama internasional antara Startup Incubator Indonesia dibawah naungan Indonesia Business Incubator Association dengan pemerintah Finlandia.

FINLAND

FINLAND

FINLAND

FINLAND

FGD

FGD

BUSINESS MATCHING

FGD