Bimbingan Karir-Tracer Study

PKTS

TRACER STUDY

Tracer study yang dipahami sebagai survei alumni dilaksanakan perguruan tinggi dengan tujuan  menggali informasi yang berkaitan  dengan  perjalanan  lulusan,  mulai dari  saat mereka menyelesaikan masa pendidikannya di perguruan tinggi (PT) sampai pada waktu pelaksanaan  survei.  Informasi  yang  didapat  dari  tracer  study  sangat berguna  untuk berbagai evaluasi  hasil  pendidikan  tinggi,  penyempurnaan  dan penjaminan  kualitas lembaga  pendidikan  tinggi  dan relevansi pendidikan  tinggi, informasi  bagi  para pemangku  kepentingan  (stakeholders),  dan  kelengkapan persyaratan bagi  akreditasi pendidikan tinggi.

Untuk itulah perguruan tinggi diharapkan menjalankan program  tracer study  yang tepat yang bertujuan untuk mengetahui penyerapan, proses, dan posisi lulusan dalam dunia kerja  agar  kemudian  dapat  menyiapkan lulusan sesuai dengan  kompetensi yang diperlukan di dunia kerja serta membantu program pemerintah dalam rangka memetakan dan  menyelaraskan  kebutuhan  dunia  kerja  dengan kompetensi  yang diperoleh  dari perguruan tinggi.(Dikutip dari Panduan Hibah TS)

Mohon bantuan alumni untuk mengisi kuesioner online dengan mengakses link dibawah ini:

KUESIONER ONLINE LULUSAN UNKLAB

KUESIONER ONLINE PENGGUNA LULUSAN/ATASAN


BIMBINGAN KARIR

Dalam rangka menunjang pelaksanaan program penyelarasan pendidikan dengan dunia kerja, dan menyiapkan lulusan perguruan tinggi (PT) untuk bersaing di pasar kerja yang makin kompetitif, Perguruan Tinggi (PT) harus memfasilitasi upaya peningkatan kebekerjaan (employability) lulusannya. Hal ini juga merupakan bentuk tanggung jawab PT kepada masyarakat dalam hal relevansi outcome pendidikan tinggi. Lulusan yang berhasil dan secara profesional sukses pada saatnya akan menjadi salah satu aset utama PT dan kontribusinya bagi dunia pendidikan tinggi akan menjadi signifikan.

Oleh sebab itu setiap PT diharapkan membentuk dan menjalankan fungsi Pusat Karir di tingkat PT yang bertujuan untuk menyiapkan lulusan meniti sukses karir profesional setelah meninggalkan pendidikan tinggi. Tujuan lainnya adalah membantu program pemerintah dalam rangka memetakan dan menyelaraskan kebutuhan dunia kerja dengan kompetensi yang diperoleh dari perguruan tinggi. (Dikutip dari panduan hibah PK)

Lowongan Pekerjaan Untuk Lulusan